PENDAMPINGAN PENINGKATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Silvester Silvester Institut Shanti Bhuana
  • Totok Victor Didik Saputro Institut Shanti Bhuana
  • Benedhikta Kikky Vuspitasari Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20507

Keywords:

Teknologi Digital, Sekolah Dasar, Kompetensi Guru

Abstract

Perkembangan teknologi digital juga mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan berbagai aspek lainnya. Dunia pendidikan baik dalam proses akses informasi dan sumber daya, proses pembelajaran, maupun penilaian dan evaluasi pembelajaran tidak luput dari pengaruh teknologi digital. Teknologi digital membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan. Tujuan melaksanakan kegiatan ini yaitu melaksanakan pendampingan peningkatan teknologi digital bagi para guru di Sekolah Dasar. Metode pendampingan dilakukan dengan metode diskusi dan praktik dengan 3 tahapan kegiatan yaitu diskusi, praktik dan refleksi. Subjek pelaksanaan kegiatan ini adalah para guru di SDN 03 Bengkayang. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dengan terlebih dahulu menyampaikan materi mengenai evaluasi pembelajaran dan teknologi digital. Tahapan kedua adalah pembuatan dan pengelolaan teknologi berupa Platform goggle form sebagai media evaluasi pembelajaran. Tahapan terakhir dalam kegiatan pendampingan ini yaitu refleksi, dalam tahapan ini dilakukan evaluasi terhadap serangkaian kegiatan pengabdian. Melalui kegiatan pendampingan ini, para guru dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai alat pembelajaran dan evaluasi. Peningkatan ini diharapkan menjadi landasan inovasi dalam proses belajar-mengajar, meningkatkan hasil belajar siswa, serta mempersiapkan para guru dalam menghadapi perkembangan teknologi digital yang terus berkembang.

References

ahmad, A., & Jinggan, N. (2017). Pengaruh kompetensi kemahiran guru dalam pengajaran terhadap pencapaian akademik pelajar dalam mata pelajaran Sejarah. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 3(2), 1-11.

Budiana, I., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Village, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR, 02(3), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2

Iswatiningsih, D. (2021). Guru dan Literasi Digital: Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0. Peluang dan Tantangan Pembelajaran Digital di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0, 1, 232–245. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/213

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Negara, 19(2), 99–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021

Ridha, M. (2019, January 29). Menjadi Guru Di Era Digital. Geotimes.https://geotimes.id/opini/menjadi-guru-di-era-digital-2/

Septiawan,F.(2020). Efektivitas Penggunaan Goofle Form Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor Di SMK Negeri 1 Koba : Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 7 nomor 2 hal 129-135

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi c0vid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.

Yufita, Sihotang, H., &Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Silvester, S., Saputro, T. V. D., & Vuspitasari, B. K. . (2023). PENDAMPINGAN PENINGKATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GURU DI SEKOLAH DASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9387–9391. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20507

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.