IMPLEMENTASI PENYARINGAN AIR SEDERHANA UNTUK PEMENUHAN AIR BERSIH MASYARAKAT DESA PUCAK

Authors

  • Haryanto Andi Halim Universitas Muslim Indonesia
  • Kusno Kamil Universitas Muslim Indonesia
  • Tanridio Silviati Delfina Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Zainal Altim Universitas Muslim Indonesia
  • Usman Faharuddin Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19614

Keywords:

Air Bersih, Penyaring Air Bersih, Kelestarian Lingkungan Hidup.

Abstract

Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros merupakan daerah memiliki kondisi topologi wilayah landai bergelombang, dataran tinggi dengan perbukitan dan sungai, tengah berada dalam otonomi daerah memiliki program difusi dan pemanfaatan IPTEK, untuk daerah terpencil namun belum terkaji secara maksimal. Permasalahan terjadi di Desa Pucak adalah kurangnya pengetahuan pemahaan tentang sanitasi lingkungan khususnya air bersih yang layak minum, belum mengenal sarana prasarana, alat dan bahan sederhana yang praktis untuk sistem penyaringan air, masih banyak keluarga petani tergolong pra sejahtera, kurangnya informasi dan pemahaman dalam bidang IPTEK, serta kurangnya sanitasi lingkungan. Metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung realisasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yaitu Implementasi Penyaringan Air Sederhana Untuk Pemenuhan Air Bersih Masyarakat Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan, adalah Metode penyuluhan, tanya jawab dan diskusi, partisipatif dan demostrasi, melakukan praktek langsung tentang cara membuat sistem penyaringan air sederhana. Hasil yang diperoleh adalah sistem penjernihan air sederhana yang dibuat dapat berfungsi dengan baik. Respon dan partisipasi warga mulai dari sosialisasi, pelatihan, uji coba, dan pemasangan alat cukup baik, bahkan warga mampu membuat sistem tersebut secara mandiri. Pemahaman warga tentang kelestarian lingkungan hidup dan sumber daya air semakin meningkat.

References

Djoko Prof HM. 2016. Sumber Air Baku Untuk Air Minum - Riset & Pengabdian Masyarakat FTUI [Internet]. Fakultas Teknik. Research & Comunity Engangement Universitas Indonesia. Available from: http://research.eng.ui.ac.id/news/read/47/sumber-air-baku-untuk-air-minum

Priambada B, Subekti JA, Prasetyo RA, Faidah AN, Ikram AM, Inayati M, et al. 2019 Penyediaan Air Bersih Masyarakat Sungapan II dengan Penyaringan Air Sederhana. Pros Konf Pengabdi Masy. ;1:483–5.

Said NI. 2018. Uji Kinerja Pengolahan Air Siap Minum Dengan Proses Biofiltrasi, Ultrafiltrasi dan Reverse Osmosis (RO) dengan Air Baku Air Sungai. [Internet]. [cited 2022 Feb 7]; 5(2). Available from: http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JAI/article/view/2444.

Sari Y, Situmorang N. 2020. Pengaruh Jarak Kandang Ternak Terhadap Total Coliform Pada Air Sumur Gali Di Desa Klambir. BIOLINK J Biol Lingkung Ind Kesehat. Jan 14;6(2):186–95.

Sulistyorini IS, Edwin M, Arung AS. 2017. Aalisis Kualitas Air pada Sumber Mata Air di kecamatan Karangan dan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur. J Hutan Trop. Feb 15;4(1):64.

….., 2019. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor I7 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air. https://peraturan.bpk.go.id.

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Halim, H. A. ., Kamil, K. ., Tanridio Silviati Delfina, Altim, M. Z. ., & Faharuddin, U. . (2023). IMPLEMENTASI PENYARINGAN AIR SEDERHANA UNTUK PEMENUHAN AIR BERSIH MASYARAKAT DESA PUCAK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8414–8418. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19614