SOSIALISASI MANFAAT PENGELOLAAN NANAS DESA TANJUNG BARU SERTA FUNGSI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM

Authors

  • Putri Cintya Pratiwi Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Citra Nia Puspita Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Putri Elviana Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Mohammad Kurniawan Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Aris Munandar Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19564

Keywords:

Manfaat, Pengelolahan, Pemasaran , UMKM, Nanas

Abstract

Desa tanjung baru merupakan desa yang terletak pada wilaya kecamatan lembak, kabupaten muara enim, sumatera selatan. Desa tanju ng baru awalnya meupakan kampung 3 desa kemang yang teletak +- 3,5 km yang sulit untuk di jangkau oleh pemerintahan desa kemang yang kemudian ada seorang tokoh masyarakat yang memisahkan tanjung kemang menjadi desa tanjung baru ( ELLI ). Pada tahun 2023 desa tanjung baru terletak 15 km ke arah selatan kecamatan lembak, desa tanjung baru mempunyai luas wilayah seluas 1.200 hektar dan tingkat jumlah penduduk sekitar 988 jiwa atau 325 kk. Sebagian warga desa tanjung baru memiliki lahan kebun nanas dengan total 30 hektar, dari SDA nanas inilah kurang dimanfaatkan pengolahan nanas. Karena sebagian besar warga desa hanya mengimpor buah nanas ke kota jakarta dan tidak ada pengolahan langsung dari warganya. Untuk lebih meningkatkan potensi yang ada di desa tanjung baru mahasiswa universitas indo global mandiri mencoba membantu  pemanfaatan pengelolaan nanas serta fungsi  digital marketing bagi UMKM program kkn tematik mbkm mahasiswa universitas indo global mandiri melakukan sosialisasi dengan memberikan arahan langsung ke pada masyarakat dengan cara pengelolaan nanas menjadi sebuah produk agar dapat menguasai pasar.

References

Ana Pratami, M., Dwi Susanti, I., Damaiyanti, A., Putra Pratama, D., & Riza Tunase, M. (2022). Analisis Produksi dan Strategi Pemasaran Selai Nanas (Studi Kasus di Desa Tanjung Baru). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 5157–5162.

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., Rachmawan Putra, M. A., Wardana, B. S., Cahya, R. A., Ramadhan, R. T., & Arum, D. P. (2022). Penerapan Branding Produk Dan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740–746. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4702

Devi, C., & Rusma Maulidasari. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63–73.

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61.

Hanum Choirina, A. R. (2021). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Pekanbaru berbasis Qr Code dan Facebook Marketplace. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–28.

Kurniawan, E., Nofriadi, N., & Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.542

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. IX(2), 127–136.

Suryaman, Nurul Qomaria, I., Puspita Sari, T., Ghofiroh, S., Abdul Majid, S., Iftitah, M. I., & Sa’diyah, H. (2022). Pengembangan Potensi Desa Palaan Melalui Olahan Produk Makanan Dari Nanas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 965–970.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Pratiwi, P. C. ., Puspita, C. N. ., Elviana, P. ., Kurniawan, M. ., & Munandar, A. . (2023). SOSIALISASI MANFAAT PENGELOLAAN NANAS DESA TANJUNG BARU SERTA FUNGSI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8339–8342. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19564

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.