PELATIHAN PEMANFAATAN AFFILIATE MARKETING DAN INDUSTRI E-COMMERCESEBAGAI PELUANG BISNIS BAGI IBU PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DESA DUKUH AGUNG TIKUNG LAMONGAN

Authors

  • Maulidza Nur Fauzi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • David Fahmi Abdillah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Nur Hidayatul Islamiyah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Sherly Dwi Octavia Cahayani Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Jessica Putrilia Amanda Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Bayu Dawantoro Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Zarohtun Nikmah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Muhamad Abu Amar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Ikka Ellysyawati Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan
  • Muhammad Qomarrudin Iqbal Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18859

Keywords:

Affiliate Marketing, E-commerce, Peluang Bisnis

Abstract

Masyarakat di daerah pedesaan sering menghadapi tantangan dalam mengakses pelatihan dan informasi tentang pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis. Keterbatasan pengetahuan dan akses terhadap sumber daya digital dapat menjadi hambatan besar dalam memanfaatkan potensi bisnis yang ditawarkan oleh industri e-commerce. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu Ibu PKK Desa Dukuh Agung dalam mengenal IPTEKS yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis rintisan anggota maupun memberi motivasi dan inovasi yang dapat dijadikan sebagai suatu peluang usaha bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki bisnis. Pengabdian masyarakat berupa kegiatan pelatihan pemanfaatan Affiliate Marketing dan industri e-commerce sebagai peluang bisnis ini diikuti sebanyak 14 peserta dari anggota PKK Desa Dukuh Agung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa ceramah, diskusi, tanya jawab pemanfaatan Affiliate Marketing dan e-commerce dan praktek menjadi seorang affiliator. Pelatihan ini cenderung mengajak peserta untuk memasarkan produk tanpa biaya produksi. Berdasarkan hasil evaluasi, menemukan bahwa peserta termotivasi untuk memanfaatkan Affiliate Marketing pada aplikasi tiktok untuk mengembangkan usaha, maupun memulai usaha yang baru. Ini dilihat dari jumlah peserta yang melakukan registrasi akun menjadi affiliator aplikasi e-commerce sebanyak 12 peserta dari 14 peserta yang hadir, dengan menggunakan Smartphone masing-masing.

References

Hariono, T., Ashoumi, H., Qoirul Tabiin, H., Khoirul Faizin, M., Informasi, S., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2021). Pkm Pembuatan E-Commerce Desa Banjarsari. 2(2), 51–55. Https://Ecommerce.Banjarsari-Jbg.Desa.Id

Pujianto, D., Novriani, D., Okta Vona, B., Lita Yuni Lestari, E., Bayu Kesuma, A., Ardi Apsyari, F., Mahakarya Asia, U., & Komering Ulu, O. (2023). Pelatihan Bisnis Afiliasi Tiktok Pada Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan Tiktok Affiliate Business Training For Karang Taruna Desa Negeri Agung Ogan Komering Ulu Selatan. 3(2), 150–158. Https://Doi.Org/10.55606/Kreatif.V3i2.1552

Putri, U. M., Nopriani, F., Negeri, I., & Palembang, R. F. (2021). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi. Sembadha?: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(Sembadha 2021), 372–377.

Windihastuty, W., Fatimah, T., Teknologi Informasi, F., Budi Luhur Jl Ciledug Raya, U., Utara, P., & Selatan, J. (2019). Perancangan Sistim E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Hasil Olahan Sidat. Mnemonic, 2(1).

Downloads

Published

2023-09-19

How to Cite

Fauzi, M. N., Abdillah, D. F. ., Islamiyah, N. H. ., Cahayani, S. D. O. ., Amanda, J. P., Dawantoro, B. ., Nikmah, Z. ., Amar, M. A. ., Ellysyawati, I. ., & Iqbal, M. Q. . (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN AFFILIATE MARKETING DAN INDUSTRI E-COMMERCESEBAGAI PELUANG BISNIS BAGI IBU PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DESA DUKUH AGUNG TIKUNG LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7542–7547. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18859