SOSIALISASI TENTANG PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENTINGNYA ADAB DAN ETIKA TERHADAP GURU

Authors

  • Yulia Septi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Jayes Santoso Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19494

Keywords:

Etika Siswa, Kuliah Kerja Nyata (KKN), Pendidikan Agama Islam

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu mekanisme kerja dan teknologi persyaratan tertentu. Kegiatan dan pengelolaan KKN dapat menjamin diperolehnya pengalaman belajar melakukan kegiatan pembangunan masyarakat secara kongkrit yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat dimana mereka ditempatkan. Selain itu, kegiatan dan pengelolaan KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia Akademik teoritik dan dunia empirik. Dengan demikian kegiatan KKN bagian dari wujud nyata kepedulian Perguruan Tinggi untuk melaksanakan misinya membantu mengatasi permasalahan penduduk, pembangunan, dan pembinaan lingkungan dengan karya dan bakti nyata. KKN yang dilaksanakan harus memenuhi empat prinsip, yaitu dapat dilaksanakan (feasible), dapat diterima (acceptable), berkesinambungan (sustainable) dan partisipatif. Secara garis besar tahap pelaksanaan KKN terbagi atas tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan guna membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan: Sosialisasi pentingnya Ilmu Pendidikan Agama Islam, Pengadaan Penyuluhan tentang adab dan etika terhadap guru.

References

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Arsita, M., & Vebtasvili, V. (2022). Kegiatan Pengabdian Masyakarat Program Mbkm Asistensi Mengajar Di Sungai Selan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital, 8–13.

Az-Zarnuji, K. S., & Askhabi, I. (T.T.). Etika Murid Terhadap Guru Menurut Kitab Ta’lim Al- Muta’allim. Diambil 4 Oktober 2023, Dari Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/5226/1/Cover_Bab%20i_Bab%20v_Daftar%20pustaka. Pdf

Bakah, W. R. (2020). Etika Murid Kepada Guru Dalam Surah Al-Kahfi Ayat 65-70 Dan Implementasinya Pada Pendidikan Modern. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 9(1), 93–108.

Saragih, J. N. (2020). Efektivitas Teknik Discussion Starter Story Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Narasi Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Saribudolok Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Wahyuni, Y. S. ., & Santoso, J. . (2023). SOSIALISASI TENTANG PENTINGNYA ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENTINGNYA ADAB DAN ETIKA TERHADAP GURU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11168–11173. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19494