PENGUATAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUNNAJAH 2 CIPINING BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19442Keywords:
Pembiaasaan, Karakter, KedisiplinanAbstract
Kegiatan Pembiasaan shalat Dhuha memiliki peran penting dalam penguatan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Sarana pendukung untuk menunjang penguatan karakter adalah lingkungan yang kondusif dengan sarana pra sarana yang mendukung. Lingkungan kondusif merupakan lingkungan yang mendukung untuk mendorong penguatan karakter kedisiplinan dengan pembiasaan shalat dhuha, metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah pembiasaan Shalat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa. Shalat Dhuha memiliki manfaat yang signikan dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Shalat ini membantu mengajarkan kedisiplinan, konsistensi, ketertiban, dan ketaatan agama kepada siswa. Selain itu, melalui shalat Dhuha siswa dapat merasakan kedamaian dalam jiwa dan meningkatkan fokus dalam proses pembelajaran. Semua ini berkontribusi pada pembentukan karakter siswa yang kuat, bertanggung jawab, dan tangguh. Hasil dari Pelaksanaan kegiatan PKM ini dapat di Implementasikan praktik shalat dhuha di MI Darunnajah 2 Cipining sudah berjalan dengan baik dan cukup efektif. Karena dilihat dari sedikitnya para siswa/i yang tidak mengerjakan shalat dhuha. Selain itu kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa, di luar pelaksanaan shalat dhuha, para siswa/i yang sudah melaksanakan shalat dhuha lebih mudah diingatkan atau diarahkan oleh guru dibandingkan mereka yang belum melaksanakan shalat dhuha dan juga sudah mulai bisa membedakan mana yang benar dana mana yang salah. Kata kunci: Pembiaasaan, Karakter, KedisiplinanReferences
Fauzian, R. (2019). Pengantar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Rinda Fauzian.
Heryanto, L. (2022). The Efforts of Fiqh Teachers in the Habit of Dhuha Prayers at the Madrasah Ibtidaiyah Islamic Center Indramayu, Indramayu Regency. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 1(1), 10–16.
La Jawa, W. (2021). Implementasi Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik Kelas XI IPA 1 di MA Negeri Ambon. IAIN Ambon.
Purnomosidi, F., Pi, M., Widiyono, S. K., Musslifah, A. R., & Psikolog, M. P. (2022). Buku referensi kesejahteraan psikologis dengan sholat dhuha. Lembaga Chakra Brahmana Lentera.
Surur, M. (2009). Dahsyatnya Shalat Tasbih. Tangerang: Rajawali.
Wibowo, M. Z., Al Ghifari, A., Kurniawan, M. I., & Farid, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 161–169.
Yusuf, I., Fauzan, U., & Malihah, N. (2022). The Effect of Dhuha Prayer and Istighosah on The Religious Character of Tsanawiyah Madrasah Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 920–927.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Farid, Miftachudin Miftachudin, Syamsudin Syamsudin, Deri Firmansah, Chairul Amriyah, Ahmad Fawaid, Aenullael Mukarromah, Fartika Ifriqia, Sugeng Kurniawan, Adi Wijayanto, Nadia Nurrosyda Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.