PENGUATAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUNNAJAH 2 CIPINING BOGOR

Authors

  • Ahmad Farid STAI Darunnajah Bogor
  • Miftachudin Miftachudin Institut Daarul Qur'an
  • Syamsudin Syamsudin STAI Al-Fithrah Surabaya
  • Deri Firmansah UIN Raden Intan Lampung
  • Chairul Amriyah UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Fawaid IAIN Madura
  • Aenullael Mukarromah Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu
  • Fartika Ifriqia IAIN Kediri
  • Sugeng Kurniawan IAI Yasni Bungo
  • Adi Wijayanto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Nadia Nurrosyda Putri STAI Darunnajah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19442

Keywords:

Pembiaasaan, Karakter, Kedisiplinan

Abstract

Kegiatan Pembiasaan shalat Dhuha memiliki peran penting dalam  penguatan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Sarana pendukung untuk menunjang penguatan karakter adalah lingkungan yang kondusif dengan sarana pra sarana yang mendukung. Lingkungan kondusif merupakan lingkungan yang mendukung untuk mendorong penguatan karakter kedisiplinan dengan pembiasaan shalat dhuha, metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah pembiasaan Shalat  Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dapat membantu  meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa. Shalat Dhuha memiliki manfaat yang signikan dalam  membentuk karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Shalat ini  membantu mengajarkan kedisiplinan, konsistensi, ketertiban,  dan ketaatan agama kepada siswa. Selain itu, melalui shalat  Dhuha siswa dapat merasakan kedamaian dalam jiwa dan  meningkatkan fokus dalam proses pembelajaran. Semua ini  berkontribusi pada pembentukan karakter siswa yang kuat,  bertanggung jawab, dan tangguh. Hasil dari Pelaksanaan kegiatan PKM ini dapat di Implementasikan praktik shalat dhuha di MI Darunnajah 2 Cipining sudah berjalan dengan baik dan cukup efektif. Karena dilihat dari sedikitnya para siswa/i yang tidak mengerjakan shalat dhuha. Selain itu kegiatan ini juga berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa, di luar pelaksanaan shalat dhuha, para siswa/i yang sudah melaksanakan shalat dhuha lebih mudah diingatkan atau diarahkan oleh guru dibandingkan mereka yang belum melaksanakan shalat dhuha dan juga sudah mulai bisa membedakan mana yang benar dana mana yang salah.                 Kata kunci: Pembiaasaan, Karakter, Kedisiplinan

References

Fauzian, R. (2019). Pengantar Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Rinda Fauzian.

Heryanto, L. (2022). The Efforts of Fiqh Teachers in the Habit of Dhuha Prayers at the Madrasah Ibtidaiyah Islamic Center Indramayu, Indramayu Regency. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 1(1), 10–16.

La Jawa, W. (2021). Implementasi Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Peserta Didik Kelas XI IPA 1 di MA Negeri Ambon. IAIN Ambon.

Purnomosidi, F., Pi, M., Widiyono, S. K., Musslifah, A. R., & Psikolog, M. P. (2022). Buku referensi kesejahteraan psikologis dengan sholat dhuha. Lembaga Chakra Brahmana Lentera.

Surur, M. (2009). Dahsyatnya Shalat Tasbih. Tangerang: Rajawali.

Wibowo, M. Z., Al Ghifari, A., Kurniawan, M. I., & Farid, A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 161–169.

Yusuf, I., Fauzan, U., & Malihah, N. (2022). The Effect of Dhuha Prayer and Istighosah on The Religious Character of Tsanawiyah Madrasah Students. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 920–927.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Farid, A., Miftachudin, M., Syamsudin, S., Firmansah, D. ., Amriyah, C. ., Fawaid, A. ., Mukarromah, A. ., Ifriqia, F. ., Kurniawan, S. ., Wijayanto, A. ., & Putri, N. N. . (2023). PENGUATAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUNNAJAH 2 CIPINING BOGOR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9559–9564. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19442