PEMBUATAN MCK UMUM DI OBJEK WISATA KALI BIRU KAMPUNG BERAB DISTRIK NIMBOKRANG KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Obet Ranteallo Universitas Cenderawasih
  • Joni Joni Universitas Cenderawasih
  • Pither Palamba Universitas Cenderawasih
  • Samuel P. Siregar Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18737

Keywords:

MCK, Kali Biru Kampung Berab

Abstract

MCK singkatan dari Mandi, Cuci, Kakus yang merujuk pada sarana fasilitas umum yang digunakan bersama. MCK dimanfaatkan oleh beberapa keluarga di lokasi pemukiman cukup padat dan tingkat kemampuan terbilang ekonomi rendah untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air. Sebagai kegiatan yang menjadi kebutuhan manusia setiap harinya, MCK menjadi sarana yang sering dikunjungi. Untuk itu MCK umum harus memenuhi syarat utama yaitu tersedianya air bersih. Tujuan dari pengabdian ini adalah dapat membangun MCK umum pada objek wisata Kali Biru Kampung Berab Distik Nimbokrang Kabupaten Jayapura untuk memenuhi fasilitas kebutuhan utama pengunjung sebagai keperluan mandi, mencuci, dan buang air. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu: membangun MCK umum  langsung ditempat obyek wisata Kali Biru di Kampung Berab Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura. Hasilnya, satu unit MCK umum telah selesai di bangun di objek wisata Kampung Berab Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

References

Andi Aqida,. 2020. Tingkat Kebutuhan Sarana Prasarana Mandi Cuci Dan Kakus (Mck) Di Kelurahan Salomenraleng Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Tesis Program Studi Teknik Perencanaan Prasarana Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin Makasar.

Rati Alpita Sari., 2021. Program Pengadaan Fasilitas MCK Bagi Mustahik Kampung Zakat Sido Mulyo. Pengabdian Masyarakat: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Purnama Wirawan., 2018. Hubungan Tingkat Pendidikan, Penghasilan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Dengan Perilaku Pemanfaatan MCK Komunal Di Lingkungan Pemukiman Nelayan Kelurahan Teluk Kabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Tesis: Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Persyaratan, Standar MCK: https://www.rumah.com/panduan-properti/mck-59445. Diakses pada tanggal 11 Februari 2023

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Ranteallo, O. ., Joni, J., Palamba, P. ., & Siregar, S. P. (2023). PEMBUATAN MCK UMUM DI OBJEK WISATA KALI BIRU KAMPUNG BERAB DISTRIK NIMBOKRANG KABUPATEN JAYAPURA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7238–7241. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18737