PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN PADA SAAT PANDEMI COVID-19 GURU SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19362Keywords:
Covid-19, Daring, Kepuasan, Mahasiswa, Motivasi Belajar.Abstract
Tujuan dari riset ini untuk mengetahui adanya pengaruh media daring terhadap kepuasan guru. Adanya peristiwa pandemi ini berdampak ke semua sektor salah satunya adalah pendidikan, sebelum pandemi terjadi tatap muka menjadi media dalam interaksi belajar akan tetapi saat ini beralih ke sistem dalam jaringan (daring), kegiatan daring ini berlaku seluruh tingkat pendidikan. Adapun media pembelajaran dalam jaringan sudah diterapkan sejak awal pandemi menjadi alternatif dalam menyampaikan materi belajar. Dari berbagai jenis media pembelajaran yang dilakukan selama pandemi ini google classroom menjadi pilihan utama yang dipilih oleh responden. Hasil riset menunjukan bahwa variabel penggunaan media daring dan motivasi belajar memiliki nilai positif berarti semakin baik pilihan dalam penggunaan media daring guru akan merasa puas. adapun metode riset ini adalah kuantitaif deskriptif yang menggunakan PLS dengan metode analisa data antara lain uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji t. Kesimpulan dari riset ini menyatakan bahwa menunjukan penggunaan media daring mempunyai pengaruh terhadap kepuasan guruReferences
Aureza, R., & Ardin. (2021). Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi. Jurnal Pendidikan, 30(3), 377–386. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832
Lukman, V. H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SD Inpres Pajjaiang). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Magdalena, I., Retno Ningsih, D., Febiyanti, F., Fikriyati, N., & Agnayulia, P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa Sd Meruya Selatan 06 Di Masa Pandemi Covid-19. EDISI?: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 352–363. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Prianto, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Pada Saat Pandemi Covid-19 Guru Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 765–776. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 186–199.
Safitri, R. A. N., & Nugraheni, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1, 46–54. https://prosiding.iahntp.ac.id/
Septyarini, E., & Cahya, A. D. (2021). Kepuasan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online di Tengah Pandemi dengan Pengaruh Penguasaan Teknologi dan Kemampuan Komunikasi Verbal. Inovasi, 17(2), 211–216.
Serepinah, M., Sarifah, I., Nurjannah, & Al Ghozali, M. I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Tingkatan Jenjang Pendidikan. Jurnal Educatio, 9(1), 231–236. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4431
Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Siswa Usia 5-8 Tahun. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265
Suwartini, S., & Rofisian, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Di Klaten Pada Masa Covid 19. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 43–49.
Syarifah, S., Lestari, A., Nurhaliza, Anggraini, Y., Wahyudi, H., & Zatrahadi, M. F. (2022). Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Peserta Didik Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 22(1), 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Maslikhatun Nisak, Yudi Priyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.