TIE DYE: SARANA PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI DESA MALAKA, LOMBOK UTARA

Authors

  • Selamat Muliadi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muhammad Haiqal Universitas Jabal Ghafur
  • Herizal Herizal Universitas Jabal Ghafur
  • Heny Sidanti Universitas PGRI Madiun
  • Evi Maulida Yanti Universitas Jabal Ghafur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19197

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Malaka, Tie Dye

Abstract

Pada era industri 4.0, pengetahuan teknologi informasi sangat penting. Hadirnya teknologi digital mengubah cara pengelolaan usaha dengan memberi peluang dan tantangan baru bagi para pelaku pengembangan ekonomi kreatif. Desa Malaka merupakan salah satu desa di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara yang memiliki panorama alam indah, destinasi wisata, produk lokal dan kerajinan tangan masyarakat serta kuliner khas desa Malaka. Program pengabdian ini fokus untuk menyusun sebuah strategi marketing melalui media sosial bagi pelaku industri kreatif yang terletak di desa Malaka. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap, menganalisis situasi dengan observasi langsung, wawancara ke pihak-pihak terkait, menetapkan program yang relevan dan merencanakan aplikasi sistem terintegrasi. Tujuan dari kegiatan ini ialah agar pelaku industri kreatif dapat memanfaatkan internet dan teknologi dalam rangka menunjang pemasaran dan memperluas jangkauan target konsumen melalui digital marketing. Produk kaos Tie Dye lengan pendek merupakan produk unggulan dan inovatif kelompok sekolah perempuan di desa Malaka yang dimodifikasi serta mempunyai nilai tinggi, baik dari warna, ukuran, kemasan maupun merek. Hasil inovasi produk Tie Dye agar cepat di kenal masyarakat luas, baik Lokal dan Nasional harus memahami sosial media terutama IG (Instagram) dan FB (Facebook) serta perlu ada website sebagai alat dan media promosi yang sangat tepat memperkenalkan potensi yang ada. Program pemberdayaan ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kemiskinan yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

References

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Umkm Berbasis Teknologi Di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 11(1), 92-99.

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Aulia, R., & Kholidin. (2023). Strategi Pengembangan Produk Tie Dye Dari “Bestiedye” Di Kota Semarang. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 1–15.

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA?: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hafni, R., & Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi Dan Studin Pembangunan, 15(2), 77–96. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/1034/pdf_58

Hamidi, D. Z., Ginanjar, N. S., & Deni, A. (2023). Optimalisasi Manajemen UMKM Melalui Pendampingan Dan Pelatihan Pengabdian Pada Masyarakat. 2(03), 206–212.

Hasanah, M., Sari, R., Azizah, Mah, Mega Puspita, P., & Factur Risa, N. (2022). Pelatihan Penerapan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa. Journal of Character Education Society, 5(4), 163–170.

Muliadi, S. (2021). SAS APP: Mewujudkan UMKM Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885.

Novalesi, Y., & Affanti, T. B. (2021). Asymmetrical Tie Dye with Indigofera Tinctoria Dye on Loose Fit for Women. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan Dan Batik Membangun, 1–12.

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Rahmi, S. A., Mintasrihardi, & Rosada. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Desa Melalui Sosialisasi Penataan Destinasi Desa Teniga Lombok Utara. JAMIN: Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintah, 1(3), 115–122. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JAMIN/index

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. L. (2017). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319

Sofyan, A. F., & Fidali, N. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Brajan Desa Sendanggung Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman. Implementasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat, 1(April), 25–30.

Susanti, E. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA KECAMATAN JATINANGOR. 1.

Syaiful, S. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(3), 629–636. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen/article/view/75

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Wardoyo, S., & Widodo, S. T. (2016). Inovasi Perancangan Motif Tie-Dye (Ikat Celup) Di Kota Yogyakarta. Corak: Jurnal Seni Kriya, 5(1), 81–92. https://doi.org/10.24821/corak.v5i1.2378

Yateno, Suryadi, Priyanto, E., Delvia, G., Aal-faras, A. A., & Yuliani, D. (2021). Meningkatkan Produktivitas Kelompok Wanita Rumah Tangga Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Pasar Kreatif Tejoagung Metro Timur. Sinar Sang Surya: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 19–28.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Muliadi, S. ., Haiqal, M. ., Herizal, H., Sidanti, H. ., & Yanti, E. M. . (2023). TIE DYE: SARANA PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI DESA MALAKA, LOMBOK UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7765–7770. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19197

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.