PEMANFAATAN LIMBAH BAN BEKAS SEBAGAI SPEED BUMP DI JALAN BERLIAN I PERUMAHAN INTAN SAMBIROTO, KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18492Keywords:
Perumahan, Pengguna Jalan, Kecepatan, Speed Bump, Ban BekasAbstract
Lokasi perumahan merupakan tempat untuk penduduk tinggal dan beristirahat setelah bekerja atau melakukan aktivitasnya. Permasalahan yang sering terjadi di jalan perumahan yaitu pengguna jalan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi yang berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas. Salah satu alat untuk membatasi kecepatan di lokasi perumahan adalah dengan pemasangan speed bump atau yang secara umum dikenal dengan polisi tidur. Limbah ban bekas menjadi salah satu penyebab permasalahan lingkungan karena butuh waktu 50-80 tahun untuk terurai sempurna di alam bebas. Hal itu terjadi karena semakin banyaknya zat sintetis yang dicampur dalam pembuatannya. Ban bekas yang sudah tidak dipakai, dapat dimanfaatkan sebagai media pembuatan speed bump untuk mereduksi kecepatan kendaraan terutama di kawasan perumahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memanfaatkan limbah ban bekas untuk speed bump dalam upaya mereduksi kecepatan terutama di Jalan Berlian I, Perumahan Intan Sambiroto, Kota Semarang. Selain itu, hal ini juga merupakan inovasi baru dalam pemanfaatan limbah ban bekas untuk desain speed bump di jalan lingkungan perumahan yang sesuai standar, sehingga dapat mengurangi kecepatan dari pengendara tanpa mengurangi kenyamanan dalam mengemudi. Hasil dari kegiatan ini yaitu rancangan desain dan pemasangan speed bump di Jalan Berlian I Perumahan Intan Sambiroto, Kota Semarang.References
D Miranti Faat. 2014. “Standar Efektif Penerapan Rubber Speed Bump Terhadap Pelaksanaan Peraturan Kemenhub No. 3 Tahun 1994 (Studi Kajian Pada Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh).” Jurnal Justisia 3(1).
D Prabudi, Kosim K. 2015. “Pengaruh Kinerja Penambahan Karet Ban Bekas Sebagai Substitusi Pengganti Campuran Beraspal Daur Ulang Pada Lapis Permukaan Atas.” Pilar Jurnal Teknik Sipil 12(2):62–67.
Damanhuri, D, Muhammad Nurtanto, Soffan Nurhaji, Sulaeman Deni Ramdani. 2017. “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Karang Taruna Melalui Kerajinan Dari Limbah Ban Bekas ( Upcycling ).” Widya Laksana 6(2):90–99.
Dinas Pekerjaan Umum. 2016. “Penetapan Status Ruas-Ruas Jalan Sebagai Jalan Kota Dan Fungsinya Sebagai Jalan Lokal Dan Jalan Lingkungan Di Wilayah Kota Semarang, Keputusan Walikota Semarang No. 621/97272016.”
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. “Highway Capacity Manual Project ( Hcm ).”
Ersamaulia, Masayu Silvi, Naomi Srie Kusumastutie, And Pipit Rusmandani. 2020. “Simulasi Lapangan Penerapan Chicane Sebagai Perangkat Traffic Calming Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Kerekayasaan (Teknik) 41(2):163–71. Doi: 10.14710/Teknik.V41n2.23587.
F Ananda. 2021. “Pengaruh Pemakaian Speed Bump Terhadap Perubahan Kecepatan Kendaraan Pada Jalan Beringin Pasar Vii Tembung (Studi Kasus).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik 3(1).
Ferdyan Mahendra Pratama, Et Al. 2021. “Penggunaan Speed Bump Tidak Standar Dalam Mengurangi Kecepatan Sepeda Motor Automatic Pada Kawasan Perumahan Di Kota Bandung.” Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi 24(November):4–6.
Handayani D., Mahmudah A., Atika Sari D. 2017. “Jarak Penurunan Kecepatan Efektif Pada Daerah Hulu Speed Bump (Studi Daerah Surakarta).” Jurnal Uns 1–10.
Insan, Karim A. 2012. “Analisis Pengaruh ‘Speed Humps’ Terhadap Karakteristik Lalulintas.” Jurnal Teknik Sipil Ubl 3(2).
J.Dwijoko Ansusanto, Ongky Wicaksono Adji. 2010. “Efektifitas Polisi Tidur Dalam Mereduksi Kecepatan Lalulintas.” Simposium Xiii Fstpt, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang 8–9.
Jaganaputra A., Joewono T. .. 2011. “Pengaruh Penggunaan Speed Bump Terhadap Tingkat Kebisingan.” Jurnal Transportasi 11(1):19–28.
Kurniati, Titi, Hendra Gunawan, And Sujana Suryadinata. 2022. “Efektivitas Pemasangan Pita Penggaduh Melintang Pada Persimpangan Jalan Terbagi Terhadap Kecepatan Kendaraan Di Kota Padang.” Jurnal Of Civil Engineering And Vocational Education 9(3).
Made, Ni, And Adi Semadiari. N.D. “Regulasipemasangan Speed Bumpberkaitan Faktor Kesadaran Hukum Di Masyarakat.” Jurnal Kertha Negara Unud 6(5):1–14.
Munawar, Ahmad. 2018. “Manajemen Lalu Lintas Perkotaan.” 10(April):46–55.
Nurdjanah, Nunuj, And Reni Puspitasari. 2017. “Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Konsentrasi Pengemudi Factors Affecting The Concentration Of Driver.” Warta Penelitian Perhubungan 29(1).
Prasetyanto, Dwi, And Wimpy Santosa. 2011. “Hubungan Perubahan Kecepatan Kendaraan Dengan Jumlah Korban Kecelakaan Lalulintas.” Jurnal Transportasi 11(2):95–102.
Prasetyo, Harwidyo Eko. 2019. “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan ( Studi Kasus Jalan Ciledug Raya , Depan Universitas Budhi Luhur Jakarta Selatan ).” Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, Fakultas Teknik Muhammadiyah Jakarta 1–10.
Qurniawan A. M., Asnawi E., Azmi B. 2022. “Pelaksaan Pengaturan Dalam Pembuatan Alat Pembatas Kecepatan Dikota Pekanbaru Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994 Tentang Alat Pengendali Dan Pengaman Pemakai Jalan.” National Conference On Social Science And Religion (Ncssr) (3).
R Damayanthi Dan R Martini. 2010. “Proses Pembuatan Bahan Bakar Cair Dengan Memanfaatkan Limbah Ban Bekas Menggunakan Katalis Zeolit Y Dan Zsm-5.” Conference Or Workshop Item.
Setiawan, Ari, Nurul Chayati, Program Studi, Teknik Sipil, Universitas Ibn, And Khaldun Bogor. 2023. “Efektifitas Polisi Tidur ( Road Humps ) Dalam Mereduksi Kecepatan Pada Ruas Jalan H . M . Syarifudin Di Kota Bogor.” Jurnal Komposit 7(1):17–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Farhan Sholahudin, Rahma Nindya Ayu Hapsari, M. Faizal Ardhiansyah A., M. Listiyono Budi, Syamsul Ma’arif, Fadly Bondan Sugiharta, Luthfiyyatus Sa'diyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.