STRATEGI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENJANGKAU MASYARAKAT PEDESAAN DALAM MEMBANTU PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA PERCUT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19059Keywords:
Strategi Teknologi Digital, Usaha Mikro, Kecil, Dan MenengahAbstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi komunikasi digital marketing di Desa Percut. Pemasaran digital adalah praktik melakukan riset pemasaran dan operasi promosi secara online menggunakan media digital, termasuk media sosial. Masyarakat kini dapat terhubung tidak hanya dengan gadget melalui dunia maya, namun juga dengan orang lain di seluruh dunia. Meski perekonomian sedang terpuruk saat ini, UMKM diyakini mampu membangkitkan perekonomian. Penggunaan strategi pemasaran berbasis teknologi digital (digital marketing) memberikan peluang bagi UMKM untuk tumbuh menjadi kekuatan ekonomi. Untuk memaksimalkan keuntungannya, para pelaku UMKM bekerja sama di saluran distribusi dan promosi digital. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah pendekatan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memahami fenomena atau peristiwa dalam konteks yang mendalam. Hampir semua perusahaan UMKM saat ini, termasuk restoran dan jaringan makanan cepat saji, menggunakan saluran promosi dan distribusi berbasis digital marketing, perusahaan tertentu cenderung mengalami kemunduran. Kemunduran ini adalah sesuatu yang semakin dirasakan oleh mereka yang ingin bertahan hidup secara offline. Meski berasal dari sektor tidak resmi yang masih belum diakui oleh Badan Pusat Statistik, namun industri makanan dan minuman merupakan jenis usaha UMKM yang paling aktif dilakukan oleh para pelaku UMKM sehingga turut membantu menurunkan angka pengangguran di Desa Percut. Sektor UMKM tetap berupaya untuk tetap berkembang dengan menggunakan berbagai strategi, seperti memperluas pemasaran dan menawarkan diskon pembelian.References
Sunyata, Lina ., dkk. (2018). Strategi Komunikasi Pada Program WWF. Indonesia Program Kalimat Barat. Pontianak : Komunika.
Martianov, A., & Wirman, W. (2016). Strategi Komunikasi Riau Vaper Community dalam Kampanye Anti Rokok pada Usia Remaja di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Stelzner, M. (2012, April). How Marketers are Using Social Media to Grow Their Business
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: ALFABETA,Utomo, R.M. (2016, October 20). http://m.metrotvnews.com/teknologi/news- teknologi/
Baidhawy, Zakiyuddin. 2020. “Merujuk Al-Qur’an Menafsir Cita-Cita Sosial Muhammadiyah.” Jurnal Muhammadiyah Studies 1(1):85–105. doi: 10.22219/jms.v1i1.11411.
Fodhil, Muhammad, Ummi Zulfa Ulya, Rofiq Hidayat, and Mohammad Patkul Anam. 2020. “Pendampingan Belajar GP Anshor Dalam Peningkatan Pengetahuan Ilmu Agama Tentang Fiqh Wanita.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Keagamaan 1(1):30–33.
Hasan, Hasan, Muhammad Syihabuddin, Basuki Rahmat, Muhammad Rijali, Zamzami Zamzami, Abdurraman Abdurraman, and Ubai Dillah. 2021. “Optimalisasi Nilai-Nilai Keagamaan Anak-Anak Desa Cakru Melalui Kegiatan Belajar Malam.” Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):43. doi: 10.35931/ak.v1i1.699.
Khoirudin, Azaki, and Ma’arif Jamuin. 2020. “Kontinuitas Dan Diskontinuitas Pendidikan Kader Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014).” Jurnal Muhammadiyah Studies 1(1):106–26. doi: 10.22219/jms.v1i1.11412.
Santoso, M. Abdul Fattah. 2020. “Internasionalisasi Konsep Purifikasi Dalam Manhaj Tarjih Muhammadiyah.” Jurnal Muhammadiyah Studies 1(1):30–43. doi: 10.22219/jms.v1i1.11407.
Suryani, Liza Afilia, and Husni Thamrin. 2022. “Meningkatkan Semangat Minat Belajar Al-Qur’an Pada Anak Di Panti Asuhan Al-Jami’yatul Washliyah.” ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora 1(2):176–82. doi: 10.55123/abdisoshum.v1i2.530.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusydi Mulya Sumantri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.