ANALYSIS OF PERSONAL, PSYCHOLOGICAL INFLUENCE, SOCIAL AND CULTURAL ON PURCHASE DECISION OF KOREAN INSTANT NOODLE PRODUCTS

Authors

  • Anugriaty Indah Asmarany Universitas Gunadarma
  • Eva Yuniarti Utami Universitas Sebelas Maret
  • Moh Gifari Sono Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Hartin Kurniawati STAI Al-Hamidiyah
  • Dominica Maria Ratna Tungga Dewa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18700

Keywords:

Fenomena Budaya, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Mie Instan

Abstract

Mie instan merupakan salah satu produk kemasan yang banyak diminati karena mudah didapat, mudah dalam penyajiannya, memiliki harga yang murah, dan memiliki rasa yang sesuai dengan selera. Hal ini mengakibatkan banyak bermunculan produk pangan luar negeri, salah satunya mie instan Korea. Adanya fenomena budaya Korean Wave atau Hallyu sangat mempengaruhi minat masyarakat khususnya kalangan muda terhadap produk mie instan Korea. Penelitian ini menjadikan mahasiswa sebagai populasi yang mewakili kalangan remaja yang mengonsumsi mie instan. . Penelitian ini menggunakan teknik PLS dan metode SEM (Structural Equation Model), dan diolah menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologis mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen membeli mie instan, namun faktor pribadi tidak berpengaruh karena nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel. Faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel sosial.

References

Effendi, U. (2016). Consumer Psychology. Jakarta: Pt. Rajagrafindo Persada.

Zakaria, Z., Saiful, N. A. Q., Santoso, E., Erliyana, N., & Utami, E. Y. (2023). The Influence Of Lifestyle, Price, Brand Image, Packaging Quality And Product Quality On Purchase Interest Of Starbucks Canned Products Customers. Jurnal Scientia, 12(03), 3961-3966.

Aulia, M. R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kedai Kopi Skala Mikro Dan Kecil Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(3), 100-113.

Kurniawati, H., Rosidah, R., & Ernawati, E. (2023). Strategi Pengembangan Sosial Emosional Anak Berkebutuhan Khusus. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(1), 42-60.

Junaidi, J., Lubis, Z., Effendi, I., Aulia, M. R., Utami, M. P., & Supriatna, D. (2023). Strategy Enhancement Performance Msmes Through Ptpn Iii Partnership Program. Devotion Journal Of Community Service, 4(2), 438-445.

Aulia, M. R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kedai Kopi Skala Mikro Dan Kecil Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Medan. Jurnal Agriust, 38-44.

Lubis, Z., Zarlis, M., & Aulia, M. R. (2023). Performance Analysis Of Oil Palm Companies Based On Barcode System Through Fit Viability Approach: Long Work As A Moderator Variable. Aptisi Transactions On Technopreneurship (Att), 5(1), 40-52.

Aulia, M. R. (2023). Digital Competencies And Experience In Partnership Program On Smes Performance. Journal Research Of Social, Science, Economics, And Management, 2(07), 1416-1425.

Kurniawati, H., Satyaninrum, I. R., Sayekti, S. P., & Rahmizar, P. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Melalui Outbound Pada Siswa Ra Al-Ghifary. Literasi: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1(2), 128-137.

Prasetio, R. & Ihalauw, J.J.O.I. (2005). Consumer Behavior. Yogyakarta: Andi.

Setiadi. J. N. (2015). Consumer Behavior: Competitor Perspective. Jakarta: Prenadanemia Grup.

Schiffman, L., & Kanuk, L. (2013). Consumer Behavior. Jakarta: Pt. Indeks.

Aulia, M. R., Saragi, C. P., & Simbolon, R. (2021). The Effect Of Entrepreneurial Characteristics On Entrepreneurial Competence And Entrepreneurial Competence On Business Performance Of Micro And Small-Scale Coffee Shops In Bogor. Baskara: Journal Of Business And Entrepreneurship, 4(1), 37-48.

Sumarwan, U. (2011). Consumer Behavior Theory And Its Application In Marketing. Bogor: Ghalian Indonesia.

Valentina, A., & Istriyani, R. (2013). South Korean Wave Of Globalization. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Downloads

Published

2023-09-09

How to Cite

Asmarany, A. I. ., Utami, E. Y. ., Sono, M. G. ., Kurniawati, H. ., & Dewa, D. M. R. T. . (2023). ANALYSIS OF PERSONAL, PSYCHOLOGICAL INFLUENCE, SOCIAL AND CULTURAL ON PURCHASE DECISION OF KOREAN INSTANT NOODLE PRODUCTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7134–7139. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18700