PELATIHAN MANAJEMEN KINERJA DAN SPRITUALITAS GURU SMP CINTA RAKYAT 3 PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18677Keywords:
Manajemen, Kinerja, Spritualitas GuruAbstract
Pengelolaan manajemen kinerja bagi guru sekarang ini merupakan syarat mutlak bagi guru dalam mendukung keberhasilan pendidikan di Indonesia, demikian juga kemampuan spritualitas dari guru untuk mendidik para siswanya untuk selalu menjaga moral dan etika terta lebih mengedepankan sifat taqwa terhadap Tuhan dengan menjauhkan segala hal-hal yang berbau negatif. Metode kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, serta sesi tanya jawab yang diberikan kepada guru SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar. Materi yang diberikan berupa manajemen kinerja serta spritualitas guru. Hasil dari pelatihan ditemukan bahwa masih ada guru yang belum mampu dalam mengelola kinerjanya dan juga memberikan konsep spritualitas baik kepada guru itu sendiri maupun kepada siswanya. Dengan adanya pelatihan ini, maka guru akan mampu dalam mengelola kinerjanya serta memahami betapa pentingnya pemahaman terhadap spritualitas daam diri guru serta mampu menyalurkannya kepada para siswanya.References
Anjaya, C. E., Arifianto, Y. A. And Fernando, A. (2020) ‘Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen’, Redominate: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(1), Pp. 58–71. Doi: 10.46495/Sdjt.V10i1.84.
Bpkpenabur.Or.Id (2019) Spiritualitas Guru Kristiani, Badan Pendidikan Kristen Penabur. Available At: Https://Bpkpenabur.Or.Id/News/Artikel/Spiritualitas-Guru-Kristiani (Accessed: 19 June 2023).
Brundrett, M. And Silcock, P. (2002) Achieving Competence, Success And Excellence In Teaching. London: Routledge.
Fitriani, A. And Yanuarti, E. (2018) ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa’, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), Pp. 173–202. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.29240/Belajea.V3i2.527.
Grace, E. Et Al. (2023) ‘Dampak Dari Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Sma Swasta Sultan Agung Pematang Siantar’, Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), Pp. 579–586. Doi:
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Ri Nomor 15 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah (2018). Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru (2007). Indonesia.
Permenpan Nomor 16 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya (2009) Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.
Primadhyta, S. (2018) Separuh Jumlah Guru Indonesia Masih Berstatus Honorer K2, Cnn Indonesia. Available At: Razak, A., Mansyur, A. Y. And Piara, M. (2021) ‘Pentingnya Keterampilan Spiritual Teaching Bagi Guru Sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa’, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021: Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19, Pp. 1642–1650.
Romadona, R., Suryadi And Supadi (2014) Manajemen Kinerja Guru, Mprovement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu. Available At:
Santoso, J. T. (2022) Guru Perlu Meningkatkan Kompetensinya, Mengapa?, Universitas Telkom. Available
Suparno, P. (2019) Spiritualitas Guru. Yogyakarta: Pt. Kanisius. Available At: Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Qnz7dwaaqbaj&Printsec=Frontcover&Hl=Id&Source=Gbs_Ge_Summary_R&Cad=0#V=Onepage&Q&F=False.
Syihabuddin (2017) ‘Spiritual Pedagogy: An Analysis Of The Foundation Of Values In The Perspective Of Best Performing Teachers’, International Journal Of Education, 10(1), P. 27..
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Indonesia.
Yanti, E. (2023) Pentingnya Kinerja Tinggi Bagi Seorang Guru, Padek.Jawapos.Com. Available At: Https://Padek.Jawapos.Com/Laman-Guru/31/01/2023/Pentingnya-Kinerja-Tinggi-Bagi-Seorang-Guru/ (Accessed: 20 June 2023).
Yusuf, Y. (2017) ‘Spiritualitas Seorang Guru’, Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 4(1), Pp. 39–42.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Efendi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.