PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENTIMETER UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMKN 1 DONGGO

Authors

  • Hadijah Hadijah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Syamsuddin Syamsuddin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Taufik Firmanto Universitas Muhammadiyah Bima
  • Aman Ma’arij Universitas Muhammadiyah Bima
  • Gufran Gufran Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18519

Keywords:

Mentimeter, Teknologi, Kepercayaan Diri

Abstract

Donggo Barat mempunyai tantangan khusus seperti kurangnya fasilitas pendidikan modern yang terbatas dengan akses teknologi atau  sumber daya. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi cara siswa belajar dan mengembangkan rasa percaya diri dalam belajar bahasa Inggris. Dengan adanya masalah tersebut tim mengadakan pelatihan pengunanaan mentimeter yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbahasa inggris. Metode pelaksanaan melalui beberapa tahapan antara lai observasi, persiapan materi, pembuatan kuis menggunakan mentimeter, sesi interakti, dan evaluasi hasil. Hasil yang ditemukan dari pelatihan ini antara lain; 1) Meningkatkan Partisipasi Siswa, melalui Mentimeter, siswa di SMKN I Donggo aktif berpartisipasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. 2) Peningkatan Kemampuan Berbicara, sesi pelatihan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris secara rutin. 3) Fitur umpan balik real-time dari Mentimeter membuat siswa untuk melihat respons mereka secara langsung. Ini memberikan motivasi tambahan dan memperkuat rasa percaya diri mereka karena mereka dapat melihat kemajuan mereka sendiri. Jadi dapat di simpulkan bahwa pelatihan dengan menggunakan aplikasi Mentimeter di SMKN I Donggo telah membawa manfaat positif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Pendekatan yang interaktif dan mendukung ini tidak hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung.

References

Oroujlou, N., & Vahedi, M. (2011). Motivasi, sikap, dan pembelajaran bahasa. Procedia-Ilmu Sosial dan Perilaku, 29, 994-1000.

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Memikirkan kembali pendidikan di era teknologi: Revolusi digital dan pendidikan di Amerika. Pers Perguruan Tinggi Guru.

Tanveer, M. (2007). Investigasi faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan berbahasa bagi pelajar ESL/EFL dalam mempelajari keterampilan berbicara dan pengaruhnya terhadap komunikasi dalam bahasa target. Universitas Glasgow, Skotlandia.

Gallagher, AG, Ritter, EM, Champion, H., Higgins, G., Fried, MP, Moses, G., ... & Satava, RM (2005). Simulasi realitas virtual untuk ruang operasi: pelatihan berbasis kemahiran sebagai perubahan paradigma dalam pelatihan keterampilan bedah. Sejarah pembedahan, 241(2), 364.

Nursafira, MS (2020). Pembicaraan TED dalam Konteks EFL: Sebuah cara alternatif untuk mengajar dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. ELSYA: Jurnal Kajian Bahasa Inggris, 2(2), 43-47.

Ke, F. (2010). Meneliti pengajaran online, kognitif, dan kehadiran sosial untuk siswa dewasa. Komputer & Pendidikan, 55(2), 808-820.

Bora, SF (2021). Tutup tirai! Meningkatkan kesempatan berbicara spontan dan otentik L2 melalui naskah drama dan pendekatan berbasis drama. Jurnal RELC, 52(3), 458-473.

Eyong, EI, David, BE, & Umoh, AJ (2014). Pengaruh sifat kepribadian terhadap prestasi akademik siswa sekolah menengah di Cross River State, Nigeria. Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial IOSR, 19(3), 12-19.

Barnes, BD, & Kunci, G. (2010). Atribut dosen bahasa Inggris yang efektif sebagai bahasa asing seperti yang dirasakan oleh mahasiswa di universitas Korea. Jurnal Pendidikan Guru Australia, 35(1), 139-152.

Hibatullah, OF (2019). Tantangan siswa EFL internasional untuk belajar bahasa Inggris di negara yang tidak berbahasa Inggris. Jurnal Pengajaran & Pembelajaran Bahasa Asing, 4(2), 88-105.

Alam, M. R., Jahan, S., Milon, M. R. K., Ansarey, D., Umar, S., & Al Hadi, F. (2021). Accelerating learners’ self-confidence level in second language acquisition: a qualitative study. International Center for Research and Resources Development, 2(3).

Hayrettin, T. U. N. E. L. (2015). The relationship between self-confidence and learning Turkish as a foreign language. Educational research and reviews, 10(18), 2575-2589.

Tridinanti, G. (2018). The correlation between speaking anxiety, self-confidence, and speaking achievement of Undergraduate EFL students of private university in Palembang. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(4), 35-39.

Tarazi, A., & Ortega-Martín, J. L. (2023). Enhancing EFL students’ engagement in online synchronous classes: The role of the Mentimeter platform. Frontiers in Psychology, 14, 1127520.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.

Little, C. (2016). Technological review: mentimeter smartphone student response system. Compass: Journal of Learning and Teaching, 9(13), 267-271. .

Rudolph, J. (2018). A brief review of Mentimeter–A student response system. Journal of Applied Learning & Teaching, 1(1), 35-37.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Hadijah, H., Syamsuddin, S., Firmanto, T. ., Ma’arij, A., & Gufran, G. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENTIMETER UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMKN 1 DONGGO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7737–7742. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18519