PELATIHAN TENTANG PENGARUH GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL BAGI ANAK DAN REMAJA

Authors

  • Rizki Rahmawati Lestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Etri Gustiana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17814

Keywords:

Gadget, Kesehatan Mental, Anak dan Remaja

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai generasi di era digital, meningkatkan peran pendidikan keluarga dalam era digital, meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi versus dunia anak dan remaja, dan meningkatkan pengaruh gadget terhadap kesehatan mental bagi anak dan remaja.Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan peserta mampu mengungkapkan permasalahan tentang minimnya pemahaman generasi di era digital, minimnya peran pendidikan keluarga dalam era digital, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi versus dunia anak dan remaja, dan belum pernah diadakan pelatihan tentang pengaruh gadget terhadap kesehatan mental bagi anak dan remaja, sehingga pemahaman dan pengetahuan gadget untuk anak dan remaja belum berjalan dengan baik.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dalam bentuk tanya jawab sehingga mempermudah orangtua siswa atau peserta pelatihan untuk berinteraksi terhadap tim pelaksana pengabdian masyarakat sebagai narasumber.Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni dengan menunjukkan adanya antusiasme peserta pelatihan terhadap jenis pelatihan ini. Peserta pelatihan tidak malu bertanya tentang generasi di era digital, peran pendidikan keluarga dalam era digital, teknologi versus dunia anak dan remaja, dan pengaruh gadget terhadap kesehatan mental bagi anak dan remaja.

References

Ain, R. N. 2015. Mengembangkan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Melalui Pemanfaatan Gadget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Ameliola, S., Nugraha, D.H. 2013. Perkembangan Media Informasi danTeknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Anak dan Gadget. www.SelasarGayaHidup.com.,

Berita Satu, 2012. Wah, 38 Persen Pengguna Facebook Anak Dibawah 13 Tahun [Online]

(Updated 27 April 2012) Diakses dari: http://www.beritasatu.com/berita-utama/42503-wah-38-persen-pengguna- facebook-anak-dibawah-13-tahun.html

Bigner, J. J. 1979. Parent – Child Relations: An Introduction To Parenting. New York: Macmillan Publishing, Co.

Faisal, N. 2016. Pola Asuh Orangtua Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.

Jurnal An - Nisa, Vol. IX, No. 2

Fajrin, O.R. 2015. Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile GadgetDan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak SekolahDasar. Jurnal Idea Societa Vol 2 No 6

Firiyani Nurul, dewi Tresnawati, dan Nahdi Hadiyanto. 2014. “Mengenalkan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka, dan Warna untuk Anak Usia Dini Berbasis Android”. Jurnal Algoritma, Vol. 11., Nomor 1., 2014, hal: 1 - 9.

Garini. 2013. Gadget Positif dan Negatif. Diakses dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-interaksi-sosial

Gayatri. 2011. Women’s Guide (Buku Cerdas Untuk Perempuan Aktif). Jakarta: Gagas Media

Hilton, I. 1967. Differences In The Behavior Of Mothers Toward First – Born and Later – Born Children. Journal Of Personality And Social Psychology, 7, hlmn. 282 – 290.

Hopson, D. P dan Hopson, D. S. 2002. Menuju Keluarga Kompak: 8 Prinsip Praktis Menjadi Orangtua Yang Sukses (Terjemahan: Muhammad Ilyas). Bandung : Kaifa.

Ihsan, Faud. 2005. Dasar - Dasar Pendidikan. Cet. IV. Jakarta: Rineka Cipta http://www.ikerenki.com/2013/11/manfaat-gadget-untuk-semua-kalangan.html

Ilham, O. K. 2011. Gadget, Makanan Apa Itu?. Diakses dari www.m.kompasiana.com;

Jailani, A. K. 2015. Permainan Anak Dulu Dan Sekarang Serta Efek Yang Ditimbulkannya. https://www.kompasiana.com,

Jati, L., Herawati, A. 2015. Segmentasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya (UAJY) Dalam Menggunakan Gadget. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id,

Lex dePraxis. 2016. Kenyamanan Adalah Musuh Dari Perubahan Anda. Dikutip: https://kelascinta.com/romansa/musuh-dari-perubahan-anda

Manumpil, B., Ismanto, Y., Onibala, F. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Jurnal Universitas Sam Ratulangi. http://ejournal.unsrat.ac.id.

Maulida, H.O. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Semarang: Universitas NegeriSemarang. http://jurnalilmiah./2013/11/menelisik-pengaruh- penggunaanaplikasi.html.

Novitasari, W. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai., Vol. 05., N0. 03., Hlmn. 182–186

Putra, Y. S. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, Vol. 9., No. 18

Rohmah, C. O. 2017. Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rostanti, Q., Putri, W.D. 2015. Media Sosial Timbulkan Resiko Kesehatan Mental Pada Remaja. Dikutip: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/07/27/media-sosial-timbulkan-risiko-kesehatan-mental-pada- remaja;

Republika. 2015. Menghitung Waktu yang Sehat untuk Melihat Layar Gadget. http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/03/24/nlp0v21- menghitung-berapa-lama-waktu-yang-sehat-untuk-melihat-layar-gadget;

Sahabat Keluarga. 2017. Mendidik Anak Di Era Digital. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga

Sitepu, V. 2015. Peran Orangtua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Gadget. https://infokomputer.grid.id/2015/07/berita/berita-reguler/peran-orang-tua-anak- kecanduan-gadget

Stiffelman, S. 2015. Peran Orangtua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Gadget. https://infokomputer.grid.id/2015/07/berita/berita-reguler/peran-orang-tua-anak- kecanduan-gadget

Sukadji, S. 1988. Keluarga Dan Keberhasilan Pendidikan. Jakarta: Universitas Indonesia

Taufik, M. 2013. Asal Usul Gadget. http://www.merdeka.com/peristiwa/asal-usul- gadget.html.

The Asian Parent Insights. 2014. Mobile Device Usage Among Young Kids. https://s3-apsoutheast-1.amazonaws.com/tap-sg-media/theAsianparent+ Insights+Device+Usage+A+Southeast+Asia+Study+November+2014.pdf.

Wahyudi, Johan . 2015. Pemanfaatan Gadget untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran. http://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/pemanfaatan- gadget-untuk-meningkatkan-mutu-pembelajaran.html.

Wahyudhi, Johan. 2014. Video Game Sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Suatu Alternatif Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Sejarah). Sosio Didaktika, Vol. 1., No. 2. Hlmn. 200 - 2010

Widiawati, I., Sugiman, H., & Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur..

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Lestari, R. R. ., Gustiana, E. ., & Isnaeni, L. M. A. . (2023). PELATIHAN TENTANG PENGARUH GADGET TERHADAP KESEHATAN MENTAL BAGI ANAK DAN REMAJA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6125–6129. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17814