STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN KUDUS OLEH DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (PKPLH)

Authors

  • Lia Kusumaningrum Universitas Sebelas Maret
  • Kiki Dwi Wulandari Universitas Sebelas Maret
  • Faradilah Farid Karim Universitas Sulawesi Barat
  • Nurika Arum Sari Institut Teknologi Sumatera

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17921

Keywords:

Analisis SWOT, Pengelolaan Sampah, Sampah

Abstract

Sampah merupakan masalah sosial dimana dengan berjalannya waktu dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan keresahan masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Persampahan di Kabupaten Kudus menjadi salah satu permasalahan dari dampak meningkatnya jumlah penduduk, pesatnya pembangunan dan industri di Kabupaten Kudus. Pengelolaan sampah di Kabupaten Kudus bukan hanya tanggungjawab Dinas Perumahan, KawasanPermukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) saja, melainkan juga menjadi tanggungjawab seluruh masyarakat Kabupaten Kudus. Kinerja Dinas PKPLH Kabupaten Kudus dinilai belum optimal. Berlakunya UU No 18/2008 tentang pengelolaan sampah agar pemerintah kota/kabupaten dapat mengubah sistem pembuangan sampah menjadi sistem pengelolaan sampah. Penelitian ini mengkaji strategi pengelolaan sampah optimal oleh Dinas PKPLH. Penelitian bertujuan memberikan strategi yang tepat dalam pengelolaan sampah sehingga dapat menekan timbulan sampah sesuai dengan Undang-Undang yang telah di tetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi lapangan dan wawancara informan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis SWOT mengkaji kekuatan (S), kelemahan (W), peluang (O) dan ancaman (T), serta Uji Litmus. Dari hasil penelitian didapatkan strategi pengelolaan sampah yang segera dilakukan tindakan oleh Dinas PKPLH yakni meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia dalam upaya mengubah persepsi, sikap dan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui proses daur ulang yang terpadu sehingga sampah dapat dimanfaatkan kembali menjadi bahan baku yang bernilai ekonomi, serta diperlukan pengadaan sarana dan prasarana, selain itu perlu memperbaiki, merawat sarana dan prasarana persampahan yang sudah ada di Kabupaten Kudus oleh Dinas PKPLH guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dalam prakteknya diperlukan komitmen yang kuat antara masyarakat dan Dinas PKPLH agar persoalan pengelolaan sampah dapat teratasi.  

References

DAFTAR PUSTAKA

Afrianita, R., Edwin, T., and Alawiyah A. 2017. Analisis Intrusi Air Laut Dengan Pengukuran Total Dissolved Solids (TDS) Air Sumur Gali di Kecamatan Padang Utara. Journal Of Environmental Engineering. 14(1): 62-72.

Bryson, J.M. 2007. Perencanaan Strategis bagi organisasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, M. Z. 2019. Pengelolaan dan Pengendalian Sampah Plastik Berwawasan Lingkungan. Amanna Gappa, 27(2), 111—121.

Hartanto, R. 2008. Penanganan dan Pengelolaan Sampah. Bogor, TPS.

Irwan. 2017. Etika dan Perilaku Kesehatan. Yogyakarta, Absolute Media. Juniartini, N. L. P. (2020). Pengelolaan Sampah dari Lingkup Terkecil dan Pemberdayaan Masyarakat sebagai Bentuk Tindakan Peduli Lingkungan. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 27—40.

Mildayati, Achmad, A., & Idrus, M. R. 2021. Efektivitas Pengelolaan Sampah pada Tingkat RW di Kelurahan Mamasa, Kabupaten Mamasa. Jurnal Sosio Sains. 7(1), 83—95

Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Rakhmat, J. 2000. Rekayasa Sosial: Reformasi, Revolusi, atau Manusia Besar? Bandung: Rosda.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sukerti, N. L. G., Sudarmo, I. M., & Pujaastawa, I. B. G. 2017. Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar, Provinsi Bali. Ecotrophic, 11(2), 148—155

Salusu, J. 2000. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk organisasi. Jakarta: Grasindo Siagian, S.P. 2008 . Manajemen Stratejik. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Kusumaningrum, L. ., Wulandari, K. D. ., Karim, F. F. ., & Sari, N. A. . (2023). STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN KUDUS OLEH DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP (PKPLH). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17921

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.