PENDAMPINGAN POKDARWIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA AIR TERJUN BATURITI

Authors

  • Ni Wayan Sri Rahayu STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Nyoman Slamet STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Gede Suhartawan STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Gede Adiyana Putra STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Edy Semara Putra STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Komang Triawati STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Irma Yanti Dyahjatiningsih STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17216

Keywords:

Derah Wisata, Pariwisata, Pokdarwis

Abstract

Kegiatan pariwisata saat ini  telah ditemukan hampir di setiap daerah di Indonesia termasuk dalah satunya Provinsi Sulawesi Tengah. Parigi Moutong merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tengah juga sedang berupaya dalam mengembangkan dan memperkenalkan destinasi kepariwisataan. Pengembangan pariwisata yang terdapat di Parigi Moutong lebih diarahkan pada pengembangan produk wisata alam seperti wisata Pantai Tumpapa yang berlokasi di Desa Malakosa, wisata Pantai Nalera, wisata Teluk Tomini maupun wisata Air Terjun Baturiti yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang baru saja dikembangkan. Daerah wisata air terjun Baturiti memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa dikembangkan jika pemerintah, pengelola, masyarakat, dan perguruan tinggi dapat secara bersama-sama menindaklanjuti program-program yang ada. Letak geografis wisata air terjun Baturiti sangat strategis untuk mendukung kegiatan kepariwisataan terutama untuk konsep wisata alam. Beberapa peningkatan perlu dilakukan pihak pengelola tempat wisata seperti penyediaan fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Selain itu pentingnya kesadaran masyarakat atau pengunjung terkait dengan kebersihan lingkungan, karena masih ada saja pengunjung yang membuang sampah sembarangan di area tempat wisata. Pembangunan wisata maju sejatinya membutuhkan peran masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan Bersama.

References

Murianto, M., Putra, I. N. T. D., & Kurniansah, R. (2020). Peranan Pokdarwis Batu Rejeng Untuk Mengembangkan Desa Sentiling Lombok Tengah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(1), 21-26.

Rahayu, N. W. S. (2022). Proses Terbentuknya Desa Blimbingsari Sebagai Desa Wisata Berbasis Masyarakat. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 7(1), 67-78.

Rohyani, I. S., Nursalim, I & Arminy, N.S. (2019). Pengembangan Wisata Melalui Optimalisasi Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Arjangka. Abdi Insani, 6(3), 332-339.

Supriyadi, I., & Xena, D.A. (2019) Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Pengembangan Teluk Love Di Kawasan Pantai Payangan Jember. Jurnal Majalah Ilmiah Ðian Olmu 19 (1), 23.

Umam, C., Pangesti, F. S. P., & Yuslistyari, E. I. (2020). Pemberdayaan Pokdarwis Tazgk Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kaduengang. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(1), 17-22.

Wijaya, S. A., Zulkarnain, Z., & Sopingi, S. (2018). Proses Belajar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Kampoeng Ekowisata. Jurnal Pendidikan Nonformal, 11(2), 88-96.

Wijaya, S.A., Zulkarnain & Sopingi (2016) Proses Belajar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Pengembangan Kampoeng Ekowisata. Jurnal Pendidikan Nonformal. Xi (2), 88-98.

Yatmaja, P. T. (2019). Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dalam Mengembangkan Pariwisata Berkelanjutan (Studi Pada Pokdarwis Minang Rua Bahari Di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan).

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Rahayu, N. W. S., Slamet, I. N. ., Suhartawan, I. G. ., Putra, I. G. A. ., Putra, E. S. ., Triawati, K. ., & Dyahjatiningsih, I. Y. . (2023). PENDAMPINGAN POKDARWIS DALAM UPAYA PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA AIR TERJUN BATURITI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5553–5558. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17216