IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM DIDESA CANDIJATI

Authors

  • Stivaniyanti Atmanegara Universitas dr Soebandi
  • I Dewa Made Yuda Universitas dr Soebandi
  • M.Habibullah Arief Universitas dr Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17674

Keywords:

Digital Marketing, UMKM

Abstract

Peningkatan teknologi merupakan suatu fenomena yang tidak dapat diabaikan dalam kehidupan masa kini. Perkembangan teknologi sejalan dengan adanya perkembangan pengetahuan dan keilmuan Setiap inovasi yang diciptakan memiliki tujuan serupa, yakni memberikan dampak positif dan kemudahan baru dalam kehidupan manusia. Selama sepuluh tahun terakhir, telah terjadi lonjakan inovasi yang menghasilkan manfaat signifikan bagi masyarakat. Menurut data yang dirilis Telah tercapai jumlah pengguna internet sebanyak 82 juta individu di Indonesia pada saat ini, seperti yang diumumkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Capaian ini telah menjadikan Indonesia berada di peringkat kedelapan di dunia pada tahun 2013. Kemajuan teknologi saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan, dengan berbagai bidang kehidupan yang telah mengadopsi teknologi ini. Keberadaan teknologi tersebut telah memberikan dampak yang besar dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan manusia. Salah satu contohnya adalah Teknologi komunikasi adalah komponen fisik yang terintegrasi dalam struktur organisasi dan memiliki signifikansi sosial yang memungkinkan individu untuk menghimpun, mengolah, dan berbagi informasi.

References

Aryansah, J. E., & Mirani, D. (2020). Strategi bertahan usaha mikro kecil dan menengah sektor kuliner di masa pandemi covid-19. Prosiding Applicable Innovation of Engineering and Science Research, 2020(1), 323-329.

Ashlihah, A., Wulandari, N. T., & Asaroh, S. I. (2021). Membentuk Jiwa Entrepreneur di Masa Pandemi untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Tinggar. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 16-20.

Fadhila, S. A. N. (2018). Penggunaan Digital Guerilla Marketing Dalam Usaha Kecil Dan

Menengah. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 95-100. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6660

Fadhli, K., Mahmudah, M., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (Mbr) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(4), 5-11.

Mavilinda, H., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Siregar, L., Andriana, I., & Thamrin, K. (2021). Menjadi “UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1), 17-28. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi marketing dan branding pada UMKM. Prosiding, 56–59.

Sa’adah, L., & Umam, K. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang (Studi Kasus Di Pasar Peterongan Jombang). Economicus, 15(1), 13-23.

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8(2), 199-216. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Atmanegara, S. ., Yuda, I. D. M. ., & Arief, M. . (2023). IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM DIDESA CANDIJATI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5958–5962. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17674