PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN BUKU KIA DI WILAYAH POSYANDU SAYANG IBU KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN TAHUN 2023

Authors

  • Rizki Amalia Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Putu Lusita Nati Indriani Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Devita Ayu Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Putri Putri Universitas Kader Bangsa Palembang
  • Riana Ambarsari Universitas Kader Bangsa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16609

Keywords:

Ibu Hamil, Pengetahuan, Sikap, Tindakan

Abstract

Buku KIA adalah buku yang berisi catatan kesehatan ibu mulai dari hamil, bersalin, nifas, dan catatan kesehatan anak mulai dari bayi baru lahir hingga balita, serta berbagai informasi cara merawat kesehatan ibu dan anak. Buku KIA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Berdasarkan data dari dinas kesehatan kabupaten/kota, diketahui kematian bayi di plaju sentosa tahun 2019 berjumlah 22 kasus. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, sikap, tindakan serta pemanfaatan buku KIA dikalangan para ibu hamil sangat kurang. Penelitian ini menggunakan metode pendidikan individual untuk pemberian intervensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan perilaku ibu hamil terhadap pemanfaatan buku KIA dengan metode promkes. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest desaign. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ialah purposive sampling dimana peneliti menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu, sampel penelitian berjumlah 41 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pemberian intervensi didapatkan pengetahuan dengan nilai Pvalue 0.000, sikap dengan nilai Pvalue 0.000, serta tindakan dengan nilai Pvalue 0.000 dan ini lebih kecil dari nilai ? yaitu nilai P>0,05. Diharapkan kepada pihak puskesmas agar hasil penelitian ini dapat diaplikasikan oleh responden dan keluarga dalam membantu meningkatkan pengetahuan ibu hamil terhadap pemanfaatan buku KIA, khususnya terutama kader posyandu agar dapat memberikan pendidikan kesehatan individual tentang pemanfaatan buku KIA kepada ibu hamil.

References

Alo Liliweri, M. . (2007). Dasar-dasar komunikasi kesehatan. Yogyakarta:Pustaka pelajar.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Riset Kesehatan Dasar Provinsi Bali Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

Wiwin Mintarsih. Replika Kegiatan Pema nfaatan Buku KIA Melalui Penda mpingan Kader Mahasiswa Dan Kader Kesehatan. Jurnal Ilmiah Bid an. 2018;3(3):1-10.

Oktarina dan Mugeni. (2015). Hubunga n Pengetahuan, Sikap, Kepatuhan Ibu Hamil dan Ibu Bayi dalam Penggunaan Buku KIA. Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masy arakat, Badan Litbangkes, Kem enkes RI. Jurnal, Vol. 18 No. 2.

Nur Hidayatul, 2017. Hubungan Pemanfatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) De ngan Tingkat Pengetahuan dan Pe rilaku Kesehatan Ibu Hamil Trise mester III di Puskesmas Jagir Sura baya. Naskah Publikasi Univers itas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Rosalina, 2020. Pengaruh Penyuluhan Me lalui Sosial Media Whatsapp Dala m Peningkatan Perilaku Pencegah an GASTRITIS dikalangan Mahas iswa Fakultas Kesehatan Masyara kat. Skripsi Universitas Teuku Umar.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Amalia, R. ., Indriani, P. L. N. ., Ayu, D. ., Putri, P., & Ambarsari, R. . (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PEMANFAATAN BUKU KIA DI WILAYAH POSYANDU SAYANG IBU KOTA PALEMBANG SUMATERA SELATAN TAHUN 2023. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5306–5310. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16609