PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIVITAS LOMBA MEWARNAI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syarifah Maihani Universitas Almuslim
  • Kumita Kumita Universitas Almuslim
  • Cut Khairani Universitas Almuslim
  • Said Ahmad Zaki Yamani Universitas Almuslim
  • Ir TM. Nur Universitas Almuslim
  • Zulfikar Zulfikar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16398

Keywords:

Lomba Mewarnai, Kreativitas, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi perkembangan anak usia dini pada kegiatan mewarnai. Ruang lingkup yang diambil adalah menstimulasi perkembangan anak usia dini dengan kegiatan mewarnai. Kegiatan mewarnai yang merupakan salah satu kegiatan yang disukai anak usia dini. Kegiatan mewarnai yang menyenangkan dan sederhana ini dapat membantu perkembangan anak usia dini karena kegiatan mewarnai dapat dijadikan sebagai kegiatan mengekspresikan diri anak, mengenalkan perbedaan warna pada anak, meningkatkan konsentrasi anak, mengembangkan kemampuan motorik anak, melatih kesabaran anak, dan merangsang kreativitas anak sejak dini. Dengan melakukan aktivitas seperti kegiatan mewarnai yang dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini. Pada pengabdian ini akan dilaksanakan kegiatan mewarnai yang digelar dalam bentuk perlombaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 1 di Kabupaten Aceh Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Kabupaten Aceh Bireuen. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data Penelitian dan Pembahasan maka diperoleh hasil bahwa menstimulasi perkembangan anak usia dini dengan Kegiatan mewarnai sangatlah berdampak bagi perkembangan anak termasuk pada setiap aspek perkembangan seperti kognitif, motorik, sosial emosional dan seni. Pada proses pelaksanaan kegiatan mewarnai melalui perlombaan terdapat beberapa pengalaman untuk peserta didik seperti melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, fisik motorik, dan meningkatkan kreativitas anak. Faktor pendukung pelaksanaan perlombaan mewarnai meliputi kertas bergambar untuk diwarnai anak dan krayon untuk masing-masing anak. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah bahwa orang tua Memahami pentingnya perkembangan anak pada setiap aspek perkembangan dan manfaatnya dari kegiatan mewarnai. Melalui Kegiatan mewarnai dapat menstimulasi setiap aspek perkembangan.

References

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84-111.

Basyiroh, I. (2018). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther dan James D. Russell. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Pearson.

Anisa, W. (2019). Manfaat Lomba Mewarnai Bagi Anak Usia Dini. https://www.viva.co.id/gayahidup/parenting/1120008-manfaat-lombamewarnai

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Group.

Simanjuntak, P. M. (2016). Perilaku Bertanggungjawab Lingkungan Siswa (Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Perubahan Iklim Dan Self Efficacy dengan Perilaku Bertanggungjawab Lingkungan Siswa). IJEEM-Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 1(2), 59-65.

Utami, I. G. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaranbahasa Inggris. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 11(01).

Acep Yoni. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Nana S. Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Maihani, S. ., Kumita, K., Khairani, C. ., Yamani, S. A. Z. ., Nur, I. T. ., & Zulfikar, Z. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIVITAS LOMBA MEWARNAI TINGKAT SEKOLAH DASAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5108–5113. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16398