PKM BIMBINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS BUDAYA BAGI GURU SMK SWASTA PANGERAN ANTASARI LABUHAN DELI

Authors

  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al washliyah
  • Nikmah Abdillah Universitas Muslim Nusantara Al washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16181

Keywords:

Bimbingan, Bahan Ajar, Budaya

Abstract

Proses pembelajaran dikelas akan mencapai tujuan memerlukan pendukung dalam pelaksanaanya. Pembelajaran yang berlangsung masih kurang bermakna bagi peserta didik. Hal itu terlihat dari hasil perolehan nilai ujian peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran saat ini dilakukan secara daring (online) yang menyebabkan timbul berbagai macam permasalahan diantaranya sinyal internet yang tidak stabil, peserta merasa materi sulit dipahami, peserta merasa bosan dalam proses pembelajaran, kurangnya media pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring, kurangnya kreativitas dan kesulitan guru dalam penggunaan dan pembuatan perangkat ajar berbasis budaya, kurangnya pelatihan terhadap guru mengenai pentingnya media pembelajaran berbasis budaya, Guru belum mempunyai wawasan dan pengetahuan mengenai pengembangan dan penggunaan perangkat ajar matematika terutama yang pernagkat ajar berbasis budaya. Perangkat Ajar berbasis budaya adalah media pembelajaran yang menyajikan bahan pembelajaran yang didesign dengan mengkaitkan budaya yang dekat dengan peserta didik. Perangkat ajar berbasis budaya dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Pengabdian kemitraan masyarakat ini membahas mengenai pembuatan, perancangan dan penggunaan perangkat ajar berbasis budaya bagi  guru – guru SMK Swasta Pangeran Antasari Labuhan Deli.

References

Andayani, Y., Purwoko, A. A., Jamaluddin, J., Makhrus, M., & Harjono, A. (2020). Identifikasi Pemahaman Guru Tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Dengan Pendekatan Etnosain. Jurnal Pepadu, 1(2), 229–234. Https://Doi.Org/10.29303/Jurnalpepadu.V1i2.101

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. Https://Doi.Org/10.47668/Pkwu.V10i2.471

Chandra, F. E., & Rahman, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching And Learning Berbasis Web Materi Geometri Transformasi Pada Siswa Smk Di Era New Normal. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1). Https://Doi.Org/10.33387/Dpi.V10i1.2974

Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2020). Laporan Penelitian-Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Kontek Etnomatemtika Untuk Mendukung Ruang Literasi Budaya Lokal.

Fernando, S., Sabri, T., & Suparjan, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 18–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V9i1.1717

Hayani, S. N., & Sutama, S. (2022). Pengembangan Perangkat Dan Model Pembelajaran Berbasis Tpack Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871–2882. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2512

Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815. Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1181

Herlina, H., Andayani, A., & Setiawan, B. (2017). The Relation Of Form And Aspect Of Non-Verbal Symbol Of Gawai Dayak Ritual With Dayak Society Life Tradition And Its Use In Regional Literature Learning In West Kalimantan. Science, Engineering, Education, And Development Studies (Seeds): Conference Series, 1(1). Https://Doi.Org/10.20961/Seeds.V1i1.20298

Jariyah, H., Indahsari, A. T., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Hasil Belajar Matematik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Siswa Smk. Journal On Education, 1(3), 417–421. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V1i3.183

Khafiza, A. Q., Kresnadi, H., Suparjan, S., Halidjah, S., & Pranata, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ipa Kelas V Tema 3 Subtema 1. As-Sabiqun, 5(2), 417–430.

Magdalena, I., Aini, F. A., Aziz, D. S., & Saharani, A. L. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Min 1 Jakarta Barat. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(1), 18–26. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Seroja.V2i2.251

Marsigit, M., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika.

Martha Rusmana, I., & Mila Kurniawarsih. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Lebesgue, 1(1), 39–48. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V1i1.11

Mu’tamaroh, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Fiqh Materi Pokok Shalat Sunnah Muakad Siswa Kelas Vii Di Mtsn 4 Tulungagung.

Nofal, E., Stevens, R., Coomans, T., & Vande Moere, A. (2018). Communicating The Spatiotemporal Transformation Of Architectural Heritage Via An In-Situ Projection Mapping Installation. Digital Applications In Archaeology And Cultural Heritage, 11, E00083.

Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2).

Nurasiah, I., Rachmawati, N., Marini, A., Maksum, A., & Herlina, H. (2022). Pengaruh Modul Nusantara Dan Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Multikultural Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 186–194.

Nusantara, A. P. W. (2020). Modul 6 Wawasan Nusantara. Pendidikan Kewarganegaraan, 100.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numba, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Vii Smpn 1 Ende Selatan, Kabupaten Ende. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. Https://Doi.Org/10.37478/Mahajana.V2i1.769

Rahnang, R., Aditya, F., Merna, M., & Lidya, L. (2023). Traditional Game Module Development: An Alternative To Stimulate Early Childhood Language Development. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 139–158. Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V6i1.2977

Revita, R. (2019). Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Smp. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(2), 148. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i2.7486

Rosita, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Muatan Ipa Peserta Didik Di Kelas Iv Sdn 98/X Rantau Indah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal On Education, 4(2), 770–783. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V4i2.489

Sari, D. N., & Saragih, N. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 318–323.

Syafrita, I., & Murdiono, M. (2020). Upacara Adat Gawai Dalam Membentuk Nilai-Nilai Solidaritas Pada Masyarakat Suku Dayak Kalimantan Barat. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(2), 151. Https://Doi.Org/10.25077/Jantro.V22.N2.P151-159.2020

Widiansyah, A. (2019). Modul Pendidikan Lingkungan & Budaya Nusantara (Plbn).

Yanti, T. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Melayu Riau Dengan Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Di Sekolah Dasar. Universitas Islam Riau. Http://Repository.Uir.Ac.Id/Id/Eprint/4774

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Sari, D. N., Lestari, N. ., Harahap, I. H. ., & Abdillah, N. . (2023). PKM BIMBINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR BERBASIS BUDAYA BAGI GURU SMK SWASTA PANGERAN ANTASARI LABUHAN DELI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4836–4842. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16181