SOCIALIZATION OF SIX STEPS TO EFFECTIVE HAND HYGIENE

Authors

  • Idawati Idawati STIKes Medika Nurul Islam
  • Yuliana Yuliana STIKes Medika Nurul Islam
  • Susi Andriani STIKes Medika Nurul Islam
  • Rita Mirdahni STIKes Medika Nurul Islam
  • Mirdha Rosalinda STIKes Medika Nurul Islam

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15945

Abstract

Kebersihan tangan merupakan salah satu masalah yang sampai saat ini memerlukan perhatian khusus terutama dalam kalangan masyarakat. Kurangnya praktek perilaku cuci tangan tidak hanya terjadi di Negara-negara berkembang saja, tetapi ternyata di negara-negara maju pun kebanyakan masyarakatnya masih lupa untuk melakukan perilaku cuci tangan. Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan dapat mengurangi bakteri sampai 90%. Mencuci tangan dengan air saja dapat mengurangi keberadaan bakteri sampai tersisa 23% bakteri pada tangan, sedangkan dengan sabun dan air dapat mengurangi keberadaan bakteri sampai tersisa hanya 8% bakteri. Di beberapa tempat, seperti Desa Gajah Ayee Dusun Barat Provinsi Aceh Indonesia masih banyak yang kurang peduli tentang kebersihan tangan, mereka hanya melakukan cuci tangan saat tangan mereka jelas kelihatan kotor dan cara mencuci tangan dilakukan sekedar membersihkan kotoran dimana kadang-kadang tidak menggunakan sabun cuci tangan. Oleh karena itu, Dosen dan mahasiswa STIKes Medika Nurul Islam mencoba untuk mensosialisasikan serta melakukan langsung praktik cuci tangan yang benar. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan menggunakan pendekatan persuasif melalui sosialisasi dan praktik langsung. Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias oleh masyarakat dan kegiatan ini berjalan dengan lancar serta mampu memberikan pemahaman dan motivasi masyarakat untuk melakukan cuci tangan dengan benar.

References

Aceh, Profil Kesehatan. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun.”

Andreadakis, Eftichia, Mireille Joussemet, and Geneviève A. Mageau. 2019. “How to Support Toddlers’ Autonomy: Socialization Practices Reported by Parents.” Early Education and Development 30(3):297–314. doi: 10.1080/10409289.2018.1548811.

Arip, Moh, and Desty Emilyani. 2018. “Strategy to Improve Knowledge, Attitude, and Skill toward Clean and Healthy Life Behaviour.” International Journal of Social Sciences and Humanities 2(3):125–35. doi: 10.29332/ijssh.v2n3.222.

Asghar, Ikram, Shuang Cang, and Hongnian Yu. 2018. “Usability Evaluation of Assistive Technologies through Qualitative Research Focusing on People with Mild Dementia.” Computers in Human Behavior 79:192–201. doi: 10.1016/j.chb.2017.08.034.

DepKes RI. 2014. “10 Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rumah Tangga.” Departemen Kesehatan RI 1–48.

Fouad, Mohammed, and Sheref Eltaher. 2020. “Hand Hygiene Initiative: Comparative Study of Pre-and Postintervention Outcomes.” Eastern Mediterranean Health Journal 26(2):198–205. doi: 10.26719/2020.26.2.198.

G?abska, Dominika, Dominika Skolmowska, and Dominika Guzek. 2020. “Population-Based Study of the Influence of the COVID-19 Pandemic on Hand Hygiene Behaviors-Polish Adolescents’ COVID-19 Experience (Place-19) Study.” Sustainability (Switzerland) 12(12). doi: 10.3390/SU12124930.

Hermawati, Bertakalswa, Oktia Woro Kasmini Handayani, Dyah Sukendra Mahendrasari, Farah Azizah Mukti, and Aprilia Wijayanti. 2021. “Edukasi Kesehatan Mengenai Praktik Cuci Tangan Pada Guru Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):894–902. doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1060.

Loftus, Michael J., Chloe Guitart, Ermira Tartari, Andrew J. Stewardson, Fatma Amer, Fernando Bellissimo-Rodrigues, Yew Fong Lee, Shaheen Mehtar, Buyiswa L. Sithole, and Didier Pittet. 2019. “Hand Hygiene in Low- and Middle-Income Countries.” International Journal of Infectious Diseases 86:25–30. doi: 10.1016/j.ijid.2019.06.002.

Rosen, Drew J., and Angela M. Kelly. 2020. “Epistemology, Socialization, Help Seeking, and Gender-Based Views in in-Person and Online, Hands-on Undergraduate Physics Laboratories.” Physical Review Physics Education Research 16(2):20116. doi: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.16.020116.

Rubiani. 2015. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun.”

Sarlina. 2017. “Identifiksi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Rumah Tangga Pada Masyarakat Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan.” Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kendari Jurusan Keperawatan (l):1–94.

Sinanto, Rendi Ariyanto. 2020. “EFEKTIVITAS CUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN INFEKSI?:.” 8(2).

Skolmowska, Dominika, Dominika G??bska, and Dominika Guzek. 2020. “Hand Hygiene Behaviors in a Representative Sample of Polish Adolescents in Regions Stratified by COVID-19 Morbidity and by Confounding Variables (Place-19 Study): Is There Any Association?” Pathogens 9(12):1–22. doi: 10.3390/pathogens9121011.

Solehati, Tetti, Cecep Eli Kosasih, Sri Susilawati, Mamat Lukman, and Sayu Putu Yuni Paryati. 2017. “Effect of School Community Empowerment Model towards Handwashing Implementation among Elementary School Students in Dayeuhkolot Subdistrict.” Kesmas 11(3):111–16. doi: 10.21109/kesmas.v11i3.1171.

Suen, Lorna K. P., Zoe Y. Y. So, Simon K. W. Yeung, Kiki Y. K. Lo, and Simon C. Lam. 2019. “Epidemiological Investigation on Hand Hygiene Knowledge and Behaviour: A Cross-Sectional Study on Gender Disparity.” BMC Public Health 19(1):1–14. doi: 10.1186/s12889-019-6705-5.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Idawati, I., Yuliana, Y., Andriani, S. ., Mirdahni, R. ., & Rosalinda, M. . (2023). SOCIALIZATION OF SIX STEPS TO EFFECTIVE HAND HYGIENE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4945–4951. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15945