MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERBASIS KOMUNITAS

Authors

  • Suriadi Suriadi Universiyas Muhammadiyah Buton Indonesia
  • Kemmala Dewi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • Aris Krisdiyanto Universitas 17 Agustus 1945 Semarang
  • I Ketut Sukarma Universitas Pendidikan Mandalika
  • Sriyono Sriyono Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19686

Keywords:

Keterampilan, Pemberdayaan, Pengangguran, Pengetahuan.

Abstract

Pengangguran bukan hanya sekadar persoalan individu, tetapi juga menjadi beban bagi masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan berbagai pihak telah berupaya untuk mengatasi masalah pengangguran melalui berbagai program dan kebijakan. Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada pada kelompok muda dan pengangguran Kelurahan Waborobo Kecamatan Betoambari Kota Baubau pada bulan Juli dan Agustus 2023. Tujuan kegiatan adalah untuk pemberdayaan Masyarakat melalui peningkatan pengetahuan muda dan pengangguran tentang pemberdayaan pemuda, memulai usaha, dan motivasi berwirausaha. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participation Action Research (PAR) melalui tahapan tertentu. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu focus group discussion (FGD), sosialisasi kegiatan dan pemberikan edukasi melalui metode penyuluhan dengan pre-post test design. Dari hasil kegiatan pengabdian diperoleh gambaran pengangguran usia dibawah 25 tahun 30%, pengangguran usia diatas 25 tahun 25%, pengangguran tingkat 1 25%, dan pengangguran tingkat 2 sebesar 20%. Dari hasil pelaksanaan kegiatan penyuluhan diperoleh data terjadi peningkatan pengetahuan muda dan pengangguran dari 56% (pre-test) menjadi 84% (post-test). Kegiatan pengabdian terlaksana dengan baik, dimana peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dengan semangat kebersamaan. Jadi perlu melibatkan komunitas secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program memiliki potensi besar dalam menciptakan dampak positif yang signifikan.

References

Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru Untuk Meningkatkan Profesionalitas Dan Kualitas Pembelajaran Di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 168–176.

Alfiana, A., Mulatsih, L. S., Kakaly, S., Rais, R., Husnita, L., & Asfahani, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7113–7120.

Anggraini, S. Z., & Tukiman, T. (2022). Strategi Dinas Tenaga Kerja Dalam Meningkatkan Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2220–2226.

Ardiansyah, H. (2021). Human Resource Management In Quality Improvement Of Zis Management At Lazismu Purbalingga In The New Normal Era. Journal Of Business And Management Review, 2(2), 147–161.

Asfahani, A. (2019). Model Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak (Studi Kasus Kelas Reguler Dan Kelas Akselerasi Mts Negeri Ponorogo). Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(1), 13–36.

Bakti, R., Rinovian, R., Mahendika, D., & Andrini, V. S. (2023). Membangun Masa Depan Yang Lebih Baik: Mengatasi Tunawisma, Kesehatan Mental, Penyalahgunaan Zat, Dan Ketenagakerjaan Melalui Advokasi, Pendidikan, Dan Kolaborasi Komunitas. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 335–344.

Damuri, Y. R., Aswicahyono, H., Hirawan, F., Setiati, I., & Simanjuntak, I. (2020). Langkah Pemberdayaan Umkm Dalam Menghadapi Covid-19. Jstor.

Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal Of Community Research And Engagement, 4(2), 363–375.

Hasan, S. (2018). Model Komunikasi Pada Program Csr Pemberdayaan Wirausaha Muda Perusahaan Migas. Interdisciplinary Journal Of Communication, 3(1), 59–82.

Hifzul Muiz, M., & Sumarni, N. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. Eduteach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Kusno, F. (2020). Krisis Politik Ekonomi Global Dampak Pandemi Covid-19. Anterior Jurnal, 19(2), 94–102.

Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, M., Sidik, R. F., & Asfahani, A. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau Untuk Menginspirasi Aksi Bersama. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7121–7128.

Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research Dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak Di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 18(2), 259. Https://Doi.Org/10.21580/Dms.2018.182.3261

Nasirin, C. (2013). Program Pemberdayaan Anak-Anak Terlantar Di Nusa Tenggara Barat. Sosiohumaniora, 15(3), 239–252.

Nurlila, R. U., & La Fua, J. (2020). Jahe Peningkat Sistem Imun Tubuh Di Era Pandemi Covid- 19 Di Kelurahan Kadia Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(2), 54–61. Https://Doi.Org/10.35311/Jmpm.V1i2.12

Rusmulyani, R. (2021). Technical Vocational Education And Training (Tvet) Innovation Dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Soft-Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1495–1506.

Sopah, F., Kusumawati, W., & Wahyudi, K. E. (2020). Implementasi Kebijakan Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Umkm Di Kabupaten Sidoarjo. Syntax, 2(6), 27.

Downloads

Published

2023-10-10

How to Cite

Suriadi, S., Dewi, K. ., Krisdiyanto, A. ., Sukarma, I. K. ., & Sriyono, S. (2023). MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERBASIS KOMUNITAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8448–8454. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19686