PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS SD MELALUI KREASI MEDIA FLIPBOOK

Authors

  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
  • Aynin Mashfufah Universitas Negeri Malang
  • Candra Utama Universitas Negeri Malang
  • Riska Pristiani Universitas Negeri Malang
  • Egithia Alfi Rosydiana Gracia School Nusantara, Malang
  • Pipit Pudji Astutik SDN Purwantoro 1 Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15881

Keywords:

Buku Teks, Kreatifitas Guru, Digital Flipbook

Abstract

Banyak sekali buku teks Bahasa Inggris di sekolah dasar yang saat ini digunakan termasuk dalam kategori kurang baik karena banyak dari buku tersebut merupakan terbitan lebih dari 10 tahun yang lalu yang tentunya berbeda dengan kurikulum yang saat ini diterapkan. Hal ini hendaknya dapat memancing kreatifitas guru untuk membuat materi pendukung. Salah satu materi pendukung yang tentunya menarik dan dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa adalah flipbook. Ada beberapa penelitian yang telah membuktikan keefektifan penggunaan flipbook dalam pembelajaran. Oleh karena itu, program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para guru SD (yang mengajar Bahasa Inggris) untuk dapat membuat flipbook dalam bentuk digital. Peneliti berharap dapat melakukan pendampingan kepada para guru tersebut sehingga mereka dapat mengekspresikan kreatifitas mereka dalam flipbook yang tentunya dapat menunjang kegiatan belajar pembelajaran yang mereka lakukan

References

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C. K., & Walker, D. A. (2014). Introduction to Research in Education. Wadsworth: Cengage Learning.

Bekker, T., Bakker, S., Douma, I., van der Poel, J., & Scheltenaar, K. (2015). Teaching children digital literacy through design-based learning with digital toolkits in schools. International Journal of Child-Computer Interaction, 5, 29–38. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2015.12.001

Heafner, T. L., Petty, T. M., & Hartshorne, R. (2011). Evaluating modes of teacher preparation: A comparison of face-to-face and remote observations of graduate interns. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 27(4), 154-164.

Isnaeni, i., & Agustina, y. (2018). an increase in learning outcomes for students is through the development of archive e-module based on the flipbook with a discovery learning model. jurnal pendidikan bisnis dan manajemen, 4(3), 125–129 https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p125

Jenkins, J. (2019). English medium instruction in higher education: The role of English as lingua franca. Second handbook of English language teaching, 91-108.

Jewitt, C. (2006). Technology, literacy and learning: A multimodal approach. London: Routledge.

Jewitt, C. and Kress, G. (eds.). (2003). Multimodal Literacy. New York: Peter Lang.

Kress, G. and Van Leeuwen, T. (2001). Discourse: The Modes and Media of Contemporary Communication. New York: Oxford University Press.

Kress, G. and Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.

Kuo, Y. F., & Yen, S. N. (2009). Towards an understanding of the behavioral intention to use 3G mobile value-added services. Computers in Human Behavior, 25(1), 103–110. https://doi.org/10.1016/j.chb.2008.07.007

Martin-Beltrán, M., Tigert, J. M., Peercy, M. M., & Silverman, R. D. (2017). Using digital texts vs. paper texts to read together: Insights into engagement and mediation of literacy practices among linguistically diverse students. International Journal of Educational Research, 82, 135–146. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2017.01.009

Maf’ula, A., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2017). Pengembangan media flipbook pada materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1450-1455

Moreno, R., & Mayer, R. (2007). Interactive Multimodal Learning Environments. Special issue on Interactive Learning Environemnts: Contemporary Issues and Trends. Educational Psychology Review, 19(3), 309–326. https://doi.org/10.1007/s10648-007-9047-2

Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.

Neng Nenden Mulyaningsih and others, "Penerapan Media Pembelajaran Digital Book", JPF Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. V.No.1 (2013), h. 26.

Noni, N. (2016). Primary School Teachers’ Perceptions Of And Practices In The Selection And Development Of English Learning Materials. LITERA. 15. 227. 10.21831/ltr.v15i2.11825.

Poon, J. K. L. (2014). Empirical Analysis of Factors Affecting the E-Book Adoption—Research Agenda. Open Journal of Social Sciences, 02(05), 51–55. https://doi.org/10.4236/jss.2014.25011

Roemintoyo, Budiarto, M.K. (2021).Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology. Vol. 5(1) PP. 8-13

Salman, A., & Abd.aziz, A. (2015). Evaluating user Readiness towards Digital Society: A Rasch Measurement Model Analysis. Procedia Computer Science, 65(Iccmit), 1154–1159. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.028

Shariman, T P N T & Razak, N A (2014). The Multimodal Literacy Practices of Malaysian Youths in a Digital Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, V.141, p 1171-1176.

Education. 43. 293- 313. 10.1080/19415257.2016.1156013.

Saragih, M., & Dewi, R. S. (2018). Efektifitas musyawarah guru mata pelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru bahasa inggris di kota binjai. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Walsh, M. (2008). Worlds Have Collided And Modes Have Merged: Classroom Evidence of Changed Literacy Practices. Literacy. 42(2), 101–108.

Walsh, M. (2010). Multimodal literacy: What does it mean for classroom practice? Australian Journal of Language and Literacy. 33(3): 211–239.

Zein, Subhan. (2017). Professional development needs of primary EFL teachers: Perspectives of teachers and teacher educators

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Kusumaningrum, S. R. ., Mashfufah, A. ., Utama, C. ., Pristiani, R. ., Rosydiana, E. A. ., & Astutik, P. P. . (2023). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU BAHASA INGGRIS SD MELALUI KREASI MEDIA FLIPBOOK . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4252–4258. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15881