AUDIT LINGKUNGAN ATAS TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Sri Luayyi Universitas Islam Kadiri
  • Dyah Proborini Universitas Islam Kadiri
  • Siti Isnaniati Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15226

Keywords:

Audit Lingkungan, Tanggung jawab lingkungan, Kualitas kinerja perusahaan

Abstract

Setiap perusahaan memiliki tujuan yang sama untuk memperoleh keuntungan (profit) yang sebanyak-banyaknya tetapi tidak merugikan lingkungan sekitar. Audit lingkungan ini memiliki fungsi sebagai landasan untuk membantu perusahaan yang kegiatan operasional dekat dengan lingkungan yang berpotensi dalam kerusakan lingkungan, sebagai pengendalian kegiatan operasional, sebagai bahan pertimbangan untuk investor maupun manajemen perusahaan dalam menentukan kualitas kinerja. Peneliti melakukan penelitian di perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan yaitu PT. Borneo Mitra Jaya di Balikpapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan perusahaan mengelola lingkungandengan baik dalam kegiatan operasional tambang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer yang berasal dari narasumber. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menyajikan rangkuman berupa data yang berhubungan dengan pengelolaan lingkungan dan manajemen yang berkaitan dengan pengelolaan lingkunan dalam pencegahan kecelakaan dan kesehatan pegawai. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Audit lingkungan pada tanggung jawab lingkungan terhadap kualitas kinerja  perusahaan berpengaruh positif terhadap tanggung jawab lingkungan dengan pengelolaan lingkungan yang baik dari tanggung jawab lingkungan melalui laporan tanggung jawab lingkungan dengan GRI G4 bisa dinilai kualitas kinerja perusahaan yang cukup baik dengan itu perusahaan mendapatkan timbal balik yang positif dari internal maupun eksternal.

References

Agusti, A. (2021). Tahapan Implementasi Environmental Accounting Pada Universitas Di Kota Padang. Jurnal Ekobistek, 49–58.

Alfaiz, D. R., & Aryati, T. (2019). Pengaruh tekanan stakeholder dan kinerja keuangan terhadap kualitas sustainability report dengan komite audit sebagai variabel moderasi. Methosika: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, 2(2), 112–130.

Dhamayanti, S. K. (2021). Analisis implementasi tanggung jawab sosial berbasis stakeholder pada perusahaan perkebunan kelapa sawit. Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN), 1(2), 86–96.

Hermawan, S., & Wibawa, A. (2022). Audit Lingkungan di Indonesia dan Pembelajaran dari Amerika Serikat dan Malaysia. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 8(2), 402–430.

Juwita, A., & Febriyanti, D. (2021). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada Kinerja Keuangan dengan Manajemen Laba sebagai Variabel Mediasi. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 1094–1113.

Kristiawan, H., & Garside, A. K. (2021). Audit Lingkungan Kegiatan Industri Hasil Tembakau di Kabupaten Kediri. Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur, 1.

Pertiwi, H. F. (2020). Analisis corporate citizenship dan hak asasi manusia terhadap isu eksploitasi lingkungan pada film “Sexy Killers.” Masalah-Masalah Hukum, 49(1), 71–79.

Putra, W. M. (2000). Audit Lingkungan: Pengungkapan Isu Lingkungandalam Laporan Keuangan Auditan. Journal of Accounting and Investment, 1(2), 85–92.

Setyawan, B., Apriyanto, G., & Firdiansjah, A. (2020). Efek kepemilikan institusional, kinerja perusahaan, kualitas audit terhadap luas pengungkapan CSR perusahaan pertambangan. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(2), 101–110.

Tambunan, C. A. (2022). Tanggung Jawab Corporate Terhadap Lingkungan Hidup Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Akta Notaris, 1(1), 101–108.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

Versions

How to Cite

Luayyi, S. ., Proborini , D. ., & Isnaniati, S. . (2023). AUDIT LINGKUNGAN ATAS TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN TERHADAP KUALITAS KINERJA PERUSAHAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3405–3415. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15226