PELATIHAN SOFTSKILL PENGGUNAAN UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) PADA MAHASISWA PECINTA ALAM UNIVERSITAS NUSA CENDANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15852Keywords:
APDI Timor, Drone, LLKK Undana, Mahasiswa Pecinta AlamAbstract
Di era modern (era industri 4.0), drone atau pesawat udara tanpa awak (PUTA) menjadi salah satu peralatan yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai aktifitas, diantaranya bidang fotografi, videografi, promosi, dan juga ilmu pengetahuan pada berbagai bidang keilmuan. Penggunaan teknologi drone memiliki berbagai macam kelebihan yang tidak dimiliki oleh peralatan lainnya, yaitu efisiensi waktu, fleksibilitas, dan mampu melakukan pemotretan kondisi lahan secara aktual dengan resolusi yang sangat tinggi. Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) merupakan salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa yang berfungsi sebagai sarana pengembangan pribadi, sosialisasi, dan kesadaran akan lingkungan. Kelompok pecinta alam mengisi kegiatannya dengan melakukan kegiatan di alam bebas yang bersifat sosial serta pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dukungan keahlian penggunaan teknologi drone akan sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keahlian pendukung dalam pemanfaatan teknologi berupa penggunaan dan pengoperasian drone pada MAPALA Undana. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode penyampaian langsung untuk menjelaskan materi regulasi, pengertian dan jenis-jenis drone, bagian-bagian drone, prosedur persiapan penerbangan drone, serta menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada murid (student centered learning) dengan menggunakan media simulator penggunaan drone. Sasaran program mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan aktif dan komunikatif dikarenakan materi yang disampaikan merupakan hal yang baru bagi mereka. Penyampaian materi didukung oleh media berupa wahana drone secara langsung yang diperkenalkan kepada sasaran program dengan diakhiri oleh praktik penggunaan dan pengoperasian drone dengan tampilan nyata dari simulator.References
Adil, A., & Kom, S. (2017). Sistem Informasi Geografis. Penerbit Andi.
Ahmad, M. (2014). The legality of unmanned aerial vehicles outside the combat zone: a case study of the Federally Administered Tribal Areas of Pakistan. Defense & Security Analysis, 30(3), 245–253.
Alfarisi, M. S., Bintang, C. A., & Ayatillah, S. (2018). Desa Exsys (Drone Security with Audio and Expert System) untuk Mengusir burung dan mengidentifikasi hama atau penyakit padi guna menjaga ketahanan pangan dan peningkatan kemandirian pangan di Indonesia. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 2(1), 35–50.
Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.
Anis, R., & I Made, B. P. (2018). Penggunaan Drone Camera Pada Pemotretan Objek Wisata Pantai di Bali dalam Fotografi Udara.
Antika, R. R. (2014). Proses pembelajaran berbasis student centered learning (Studi deskriptif di sekolah menengah pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk). BioKultur, 3(1), 251–263.
Awangga, R. M. (2019). Pengantar Sistem Informasi Geografis: Sejarah, Definisi Dan Konsep Dasar. Kreatif.
Cho, K., Cho, M., & Jeon, J. (2017). Fly a drone safely: Evaluation of an embodied egocentric drone controller interface. Interacting with Computers, 29(3), 345–354.
Dalimunthe, H. A., Dewi, S. S., & Faadhil, F. (2020). Pelatihan Universal Design for Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu dalam Mengajar. Jurnal Diversita, 6(1), 133–142.
Danardono, D., Priyono, P., Wulandari, K. C., & Novianto, D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Pembelajaran Geografi Spasial di Tingkat Pendidikan Menengah Atas. Abdi Geomedisains, 80–88.
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2019). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182.
Efelina, V., Dampang, S., Maulana, I., Adam, R. I., Purwanti, E., Rahmadewi, R., & Nugraha, B. (2021). Penggunaan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan dalam Pencegahan Covid-19 di Masa Pandemi (Studi Kasus di Desa Margasari). SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 368–373.
Effendy, O. U. (2014). Dinamika Komunikasi, cet. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Firmansyah, M. Z., & Puspitasari, P. (2021). Pemanfaatan Drone sebagai Bagian dari Kontra Terorisme: Tinjauan pada Regulasi dan Prosedur Tetap Pengamanan. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 20(1), 43–58.
Husodo, A. Y., Jati, G., Octavian, A., & Jatmiko, W. (2020). Switching target communication strategy for optimizing multiple pursuer drones performance in immobilizing Kamikaze multiple evader drones. ICT Express, 6(2), 76–82.
Irwansyah, E. (2013). Sistem informasi geografis: prinsip dasar dan pengembangan aplikasi. DigiBook Yogyakarta.
Koblentz, G. D. (2020). Emerging technologies and the future of CBRN terrorism. The Washington Quarterly, 43(2), 177–196.
Ly, B., & Ly, R. (2021). Cybersecurity in unmanned aerial vehicles (UAVs). Journal of Cyber Security Technology, 5(2), 120–137.
Mardianto, A., & Purnamaningsih, E. H. (2000). Penggunaan Manajemen Konflik Ditinjau Dari Status Keikutsertaan Dalam Mengikuti Kegiatan Pecinta Alam Di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 27(2), 111–119.
Mascarello, L. N., & Quagliotti, F. (2017). The civil use of small unmanned aerial systems (sUASs): operational and safety challenges. Aircraft Engineering and Aerospace Technology, 89(5), 703–708.
Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim| Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Pramatana, F. (2020). Pengembangan Sekolah Dasar Binaan melalui Pendidikan Konservasi di SD GMIT Oebobo Kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 4(2), 170–180.
Putra, R. P. (2019). Perilaku pro lingkungan pada pengurus organisasi mahasiswa pecinta alam. Cognicia, 7(3), 378–389.
Rennie, J. (2016). Drone Types: Multi-Rotor vs. Fixed-Wing vs. Single Rotor vs. Hybrid Vtol. AUAV.
Respati, R. E., & Irwansyah, I. (2020). “Smart Flight” sebagai Bentuk Pelatihan Pilot Drone oleh Pasukan Drone Bogor Indonesia. Jurnal Komunikasi, 14(1), 1–14.
Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto, K. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 199–203.
Rochaeni, E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Geografi Drone Melalui Metode Demonstrasi pada Materi Penginderaan Jauh (Studi di Kelas XII SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya). Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2).
Saputra, H., Febriana, S. K. T., & Akbar, S. N. (2017). Pengaruh peran kepemimpinan terhadap perilaku pro-lingkungan pada anggota organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Piranha. Jurnal Ecopsy, 3(3).
Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95.
Setiawan, D. (2018). Perspektif E-Learning Dosen Program Studi Sistem Infromasi UNIPMA. RESEARCH: Journal of Computer, Information System & Technology Management, 1(1), 1–6.
Shidiq, A. S. (2016). Pembelajaran sains kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (SNKPK) VIII, 227–236.
Sidek, S., & Hashim, M. (2016). Pengajaran Berasaskan Video dalam Pembelajaran Berpusatkan Pelajar: Analisis dan Kajian Kritikal: Video-Based Teaching in Student-Centered Learning: Analysis and Critical Review. Journal of ICT in Education, 3, 24–33.
Taib, S. H., Ismail, M. A., & Lubis, M. A. L. A. (2020). Inovasi kesepaduan dan strategi pengajaran dan pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Asean Comparative Education Research Journal On Islam And Civilization (ACER-J). EISSN2600-769X, 3(2), 38–54.
Thomasen, K. (2017). Beyond airspace safety: A feminist perspective on drone privacy regulation.
Wang, Y., Xia, H., Yao, Y., & Huang, Y. (2016). Flying Eyes and Hidden Controllers: A Qualitative Study of People’s Privacy Perceptions of Civilian Drones in The US. Proc. Priv. Enhancing Technol., 2016(3), 172–190.
Wardiana, W. (2002). Perkembangan teknologi informasi di Indonesia.
West, J. P., Klofstad, C. A., Uscinski, J. E., & Connolly, J. M. (2019). Citizen support for domestic drone use and regulation. American Politics Research, 47(1), 119–151.
Widyanto, I. P., & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(4), 149–157.
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadlan Pramatana, I G. B. Adwita Arsa, Nixon Rammang, Halena Meldy Asa, Yusratul Aini, Gustaf Ridolof Saudila, Fiqul El Khoir, F. X. D. Ari Sasongko, Ahmada Yudi Surya, Ape Didex Nino
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.