PELATIHAN PERAKITAN ROBOT LINE FOLLOWER DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH ALAM NURUL FURQON REMBANG

Authors

  • Raditya Artha Rochmanto Politeknik Negeri Semarang
  • Aminuddin Rizal Politeknik Negeri Semarang
  • Roni Apriantoro Politeknik Negeri Semarang
  • Ilham Sayekti Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Kusumastuti Politeknik Negeri Semarang
  • Septiantar Tebe Nursaputro Politeknik Negeri Semarang
  • Muhamad Cahyo Ardi Prabowo Politeknik Negeri Semarang
  • Eri Eli Lavindi Politeknik Negeri Semarang
  • Vinda Setya Kartika Politeknik Negeri Semarang

Keywords:

Industri 4.0, Robot, Line Follower Digital

Abstract

Industri 4.0 telah diperkenalkan sejak tahun 2011 di Jerman dan sudah mengalami banyak perkembangan dan telah diterapkan di berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Berkembangnya industri 4.0 tentu saja perlu didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan lain pendukungnya salah satunya autonomous robot. Pada industri 4.0, robot sendiri memiliki peran penting untuk menjalankan proses otomasi di industri. Salah satu kunci keberhasilan revolusi industri 4.0 bergantung pada kemampuan sekolah dan perguruan tinggi dalam memberikan ilmu robotika pada siswa didiknya. Salah satu jenis robot yang dapat digunakan sebagai pembelajaran robotika pada siswa adalah robot line follower digital. Sekolah Alam Nurul Furqon sebagai salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Rembang tentu saja tidak ingin tertinggal mengikuti perkembangan teknologi robot untuk meningkatkan kualitas anak didiknya. Oleh karena itu, Tim dosen Polines memberikan solusi dengan memberikan pelatihan perakitan robot line follower digital pada siswa Sekolah Alam Nurul Furqon. Penggunaan robot line follower digital terbukti dapat menjadi media interaktif yang tepat untuk memperkenalkan robot dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk dapat membuat robot. Berdasarkan hasil dari kegiatan menunjukkan tim dari Politeknik dapat membantu pengelola dan guru Sekolah Alam Nurul Furqon dalam menyelesaikan masalah kurangnya pengetahuan mengenai robot dan keterampilan dalam pembuatan robot sehingga siswa Sekolah Alam Nurul Furqon dapat mengikuti perkembangan teknologi di era industri 4.0.

References

Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2). https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788

Eugene. 1976. Dasar-dasar Ekonomi Teknik. Rineka Cipta: Jakarta

Jalil, A. (2018). Robot Operating System (Ros) Dan Gazebo Sebagai Media Pembelajaran Robot Interaktif’, ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(3), pp. 284–289. doi: 10.33096/ilkom.v10i3.365.284-289.

Lee, J., Lapira, E., Bagheri, B., Kao, H., (2013). Recent Advances and Trends in Predictive Manufacturing Systems in Big Data Environment. Manuf. Lett. 1 (1), 38–41.

Liao, Y., Loures, E. R., Deschamps, F., Brezinski, G., & Venâncio, A. (2018). The impact of the fourth industrial revolution: a cross-country/region comparison, Production, 28, e20180061. DOI:10.1590/0103-6513.20180061.

Liffler, M., & Tschiesner, A. (2013). The Internet of Things and the Future of Manufacturing. McKinsey & Company.

Thoben, K.D., Wiesner, S., and Wuest, T. (2017). Industie 4.0 and Smart Manufacturing-A Review of Research Issues and Application Examples. International Journal of Automation Technology, 11(1), 4–16.

Wibowo, M. A. A., Hunaini, F. and Effendy, D. U. (2018) Perancangan Dan Pembuatan Prototipe Line follower Forklift, Widya Teknika, 26(2), pp. 194–206. doi: 10.31328/jwt.v26i2.794.

Jatmiko, Wisnu dkk, (2012). Robotika: Teori dan Aplikasi. Cetakan ke 1. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Rochmanto, R. A., Rizal, A. ., Apriantoro, R. ., Sayekti, I. ., Kusumastuti, S., Nursaputro, S. T., Prabowo, M. C. A. ., Lavindi, . E. E., & Kartika, V. S. . (2023). PELATIHAN PERAKITAN ROBOT LINE FOLLOWER DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH ALAM NURUL FURQON REMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3366–3373. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15264