PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA TERNAK JANGKRIK PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA TOAPAYA

Authors

  • Dwi Septi Haryani STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Adiba Raka Shena STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Baktiilham Baktiilham STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Husnunnisa Ramadayanti STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Rivaldo Syarif STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Jessyca Jessyca STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Nur Apriliyantina STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Verliyana Pangestu STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15802

Keywords:

Identitas Usaha, Manajemen Usaha, Ternak Jangkrik, Pemasaran Digital

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (P2EM) di Desa Toapaya, praktisi menemukan masalah tata kelola dan sistem pemasaran pada UMKM ternak jangkrik milik Bapak Zainudin. Adapun permasalahan yang ditemui oleh praktisi yaitu : (1) usaha ternak jangkrik belum memiliki identitas usaha baik secara visual maupun fisik; dan (2) pelaku usaha belum mengadopsi sistem pemasaran digital ke dalam usahanya. Dari permasalah tersebut praktisi bermaksud memberikan pendampingan dalam perbaikan identitas usaha dan pengenalan serta adopsi pemasaran digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu pengaplikasian manajemen usaha dalam bentuk kartu nama dan logo usaha sebagai bagian dari identitas visual dan fisik usaha, serta usaha ternak jangkrik juga telah mengadopsi sistem pemasaran digital melalui peta lokasi Google Maps dan sosial media seperti Facebook dan Instagram.

References

Sembiring, R.A dan T. Subekti. 2021. "Analisis Aktor dalam Tata Kelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Batu untuk Kualitas Internasional". Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 7, No 1 : 31-44.

Ediset. dkk. 2021. "Perbaikan Manajemen Usaha Kawa Daun Pada Mitra Kawa Amor Di Limau Manis Kecamatan Pauh Kota Padang". Logista : Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 5, No 2 : 366-372.

Purnomo E., N. Pangarsa, K. B. Andri, dan M. Saeri. 2015. "Efektivitas Metode Penyuluhan dalam Percepatan Transfer Teknologi Padi di Jawa Timur". Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 2 : 192-204.

Oscario. A. 2013. "Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand".Jurnal Humaniora Vol.4 No.1: 191-202.

Kotler, dan Armstrong. 2014. "Prinsip Prinsip Pemasaran". Edisi 15. Jakarta : Erlangga.

Sutrisno, Adi, dkk. 2021. "Strategi Marketing UMKM di Desa Widoro Kecamatan Krejengan". Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, Vol. 1 No.1 Agustus 2021: 91- 96.

Terralogiq. 2021. "Enam Manfaat Menggunakan Google Maps Platform untuk Bisnis" diakses melalui alamat https://terralogiq.com/manfaat-google-maps-platform-untuk-bisnis pada 11 november 2022.

Ahmed, M., & Zahid, Z. 2014. "Role of Social Media Marketing to Enhance CRM and Brand Equity in Terms of Purchase Intention" Asian Journal of Management Research, 4(3), 533-549.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Haryani, D. S. ., Shena, A. R. ., Baktiilham, B., Ramadayanti, H. ., Syarif, R., Jessyca, J., Apriliyantina, N. ., & Pangestu, V. (2023). PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA TERNAK JANGKRIK PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA TOAPAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4179–4184. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15802