PELATIHAN PROMOSI DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DESA MALANG RAPAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15792Keywords:
Pengabdian, Pemasaran, Promosi, Digital, UMKM.Abstract
Kuliah Kerja Nyata atau Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pemasaran dan promosi digital serta faktor pendukung dan penghambat pada UMKM Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah metode kajian pustaka, observasi, wawancara, tahap pelatihan, tahap praktik atau pelaksanaan. Laporan hasil pada program pelatihan promosi dan pemasaran digital dari survey yang dilakukan terdapat permasalahan yaitu UMKM di Desa Malang Rapat belum menggunakan digital marketing dalam kegiatan bisnis, pada pelatihan yang dilaksanakan peserta mulai memahami pentingnya promosi dan pemasaran digital menggunakan e-commerce untuk meninkatkan penjualan serta dapat di implementasikan dalam kegiatan bisnis. Terdapat faktor pendukung dan penghambat yaitu tanggapan masyarakat positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan, keterbatasan gadget dari pelaku UMKM, terbatasnya waktu untuk berdiskusi dengan pelaku UMKM. Dapat disimpulkan Pemasaran online menggunakan E-Commerce merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk seluruh pelaku usaha baik yang sudah lama apalagi yang baru berdiri. Di era modern seperti sekarang, produk harus bisa dikenal oleh banyak orang dengan memanfaatkan media Internet sebagai jalur tercepat. edukasi mengenai promosi dan pemasaran yaitu lebih memaksimalkan digital marketing agar branding dari suatu produk tercapai.References
Abriyoso, O., Haryani, D. S., & Hardiansyah, R. (2022). The Determinants of Financial Inclusion in Asia—A Bayesian Approach. Studies in Systems, Decision and Control, 427(1), 531–546.
Abriyoso, O., Saputra, E. K., Marlinda, C., & Sahara, M. A. (2021). Reaction Analysis of LQ45, STI and KLCI Price Index Before and After COVID-19 Pandemic Events. Proceeding The First International Conference on Government Education Management and Tourism, 1(1), 288–298.
Ajara, R., & Ajara, ; R. (2017). the Analysis of Buying Motives in Purchase Decision of Virtual Goods in Online Game. Maret, 5(1), 87–95.
Diawan, N. S., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2016). ( Case study on Indomaret Customers JL . Raya Tlogomas No . 37 , Malang ). Administrasi Bisnis, 30(37), 8–16.
Risnawati, R., Satriadi, S., Abriyoso, O., Utami, R., & Marlinda, C. (2022). Pelatihan Tata Cara Pembukuan Laporan Keuangan Pada Bumdes Desa Kelong Kabupaten Bintan. Diklat Review?: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 6(2), 199–203.
Rizki, M., Abriyoso, O., Saputra, E. K., & Putri, L. (2021). Jurnal Mantik Tourist Kelong Bintan Black Coral Business Strategy During. 6(3).
Satriadi, Zalillah, F., Azizah, N., Yuliska, F., & Fikri, I. (2022). Inovasi Bisnis pada UMKM Alfa TanjakTanjungpinang.SeminarNasionalLPPMUMMAT,1,677–685.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Octojaya Abriyoso
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.