PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA PENAGA

Authors

  • Tubel Agusven STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Selvi Fauzar STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Surya Kusumah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Ludi Warisman STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Angie Yuanita STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Sulastri Sulastri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Yusmawati Yusmawati STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Yoga Trymikha Pradana STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15789

Keywords:

Konsumen, Penjualan, Digital Marketing

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu kurangnya pemahaman akan teknologi sehingga mengalami keterbatasan dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dilakukannya program pemberdaya wirausaha untuk membantu mengebangkan dan meningkatkan penjualan. Tujuan pengabdian ini secara umum mendeskripsikan dampak digital marketing terhadap volume penjualan bagi pelaku UMKM Desa Penaga. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan dilakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku UMKM. Penggunaan digital marketing juga merupakan program pemberdayaan dengan melakukan pembuatan akun dan pelatihan cara penggunaannya dengan hasil peningkatan penjualan dan konsumen baru dari produk usaha. Dari hasil penelitian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM.

References

G. Sagita and Z. R. Wijaya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 24–31, 2022.

H. Hilmiana and D. H. Kirana, “Peningkatan Kesejahteraan Umkm Melalui Strategi Digital Marketing,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 124, 2021.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018.

H. S. Harahap, N. K. Dewi, and E. P. Ningrum, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM,” J. Loyal. Sos. J. Community Serv. Humanit. Soc. Sci., vol. 3, no. 2, p. 77, 2021.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Agusven, T. ., Fauzar, S. ., Kusumah, S. ., Warisman, L. ., Yuanita, A. ., Sulastri, S., Yusmawati, Y., & Pradana, Y. T. . (2023). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA PENAGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4149–4152. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15789