STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI ERA DIGITAL ORIENTASI PADA PELAKU USAHA MIKRO DESA WAAI KEC. SALAHUTU KAB. MALUKU TENGAH

Authors

  • Paulus L Wairisal Universitas Pattimura
  • Geradin Rehata Universitas Pattimura
  • Agusthina Risambessy Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15668

Keywords:

Era Digital, Strategi, Pengembangan, Usaha Mikro

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan besar yang berdampak pada perekonomian Indonesia.  Teristimewa pada  pelaku  usaha  mikro,  kecil  dan menengah (UMKM).sehingga mengharuskan pelaku usaha harus melakukan perubahan dalam usaha menghadapi era digital, dampak dari era digital ini sendiri justru memudahkan para pelaku usaha yang paham dengan teknologi dimana usaha yang dilakukan tidak lagi membutuhkan sewa gedung yang besar, tempat yang strategis untuk usaha tetapi hanya butuh outlet atau ruang kecil yang sederhana, yang bisa ditata dengan rapi sehingga memberikankesan menarik namun yang menjadi masalah adalah apakah pelaku usaha memahami dan menguasai, mau bersedia berubah mengikuti perkembangan jaman dan berusaha. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan   hal ini butuh strategi yang tepat dikembangkan demi keberlangsungan hidup UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman  dan  penguatan  bagi    pelaku  usaha di  Desa  Waai  Kecamatan  Salahutu  Kabupaten Maluku  Tengah  tentang  strategi pengembangan usaha menghadapi era digital pada pelaku usaha mikro di desa waai untuk mempertahankan usaha bahkan untuk mengembangkan usaha sehingga pelaku usaha dapat terus bertahan dan mengembangkan  usahanya. Strategi pemasaran melalui inovasi dan digital marketing, serta meenjadi entrepreneurship yang tangguh sehingga pada akhirnya usaha kecil dapat bertahan di masa krisis. Adapun  metode    yang  digunakan  dalam  kegiatan  ini  adalah Penyuluhan  atau Ceramah yang bertujuan  meningkatkan  pemahaman  serta  kesadaran  para  pelaku  usaha. Hasil dari kegiatan  ini adalah terserapnya  pengetahuan  tentang era digital  bagi  pelaku  UMKM  melalui materi  yang diberikan dan dipahami sehingga mitra dapat mengubah pola usaha berpindah dari manual ke digital  sehingga mampu  berkembang di masa sulit

References

Agustriyana, D., Ramadhan, N., Oktavien, S., & Sofyandi, R. H. (2021). Bertahan usaha pada umkm di tengah pandemic COVID-19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 93–99.

Bessant, J. R., Bessant, J., & Tidd, J. (2011). Innovation and Entrepreneurship. John Wiley & Sons.

Bosma, N., & Wennekers, S. (2002). Entrepreneurship Under Pressure: Global Entrepreneuship Monitor 2002: The Netherlands. University of Illinois at Urbana-Champaign’s Academy for Entrepreneurial Leadership Historical Research Reference in Entrepreneurship.

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, BA, dan Siti Z.(2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x (2), 145.

Hardilawati, W. L., Sandri, S. H., & Binangkit, I. D. (2019). The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business. International Conference of CELSciTech 2019-Social Sciences and Humanities Track (ICCELST-SS 2019), 18–22.

Harini, C., & Handayani, S. B. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif: Jurnal Manajemen, 13(2).

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Narto, N., & Hm, G. B. (2020). Penguatan strategi pemasaran pudak di tengah pandemi covid-19 untuk meningkatkan keunggulan bersaing usaha mikro kecil menengah kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 dan implikasi bagi usaha mikro, kecil, dan menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59–64.

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 144–158.

Rahmi, V. A., Ismanto, H. I., & Fathoni, M. Z. (2020). Pendekatan Bisnis Bumdes Berkemajuan di Kondisi Wabah Pandemi Covid’19. Jurnal Riset Entrepreneurship, 3(2), 90–98.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Wairisal, P. L. ., Rehata, G. ., & Risambessy, A. . (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DI ERA DIGITAL ORIENTASI PADA PELAKU USAHA MIKRO DESA WAAI KEC. SALAHUTU KAB. MALUKU TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4037–4042. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15668