SOSIALISASI SIKAP KERJA ERGONOMIS PADA PEKERJA PEMBUATAN GENTENG DI DESA DARMASABA BADUNG-BALI

Authors

  • Agnes Ayu Biomi Universitas Bali Internasional
  • I Gusti Agung Haryawan Universitas Bali Internasional
  • Komang Angga Prihastini Universitas Bali Internasional
  • Ni Luh Gede Aris Maytadewi Negara Universitas Bali Internasional
  • Made Adhyatma Prawira N. Kusuma Universitas Bali Internasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15473

Keywords:

Ergonomi, Pekerja, Produktivitas, Sikap, Sosialisasi

Abstract

Dalam upaya pemenuhan permintaan pasar terhadap kerajinan bahan baku tanah liat pada usaha genteng perlu pengoptimalan sumber daya untuk memudahkan dalam proses produksi. Tidak hanya bahan baku melainkan sumber daya pekerja perlu ditingkatkan untuk mencapai target produksi. Setiap pekerja mengharapkan lingkungan kerja yang nyaman agar kinerja serta produktivitas  kerjanya tetap baik atau tidak mengalami masalah. Pada proses produksi dilakukan dengan proses manual contohnya dalam proses pengangkatan material. Industri pembuatan genteng sebagaian besar prosesnya masih skala manual, dari proses angkat angkut material, pencetakan genteng dengan mesin press, proses penjemuran, pembakaran genteng.hingga pengecatan genteng. Proses ini sangat berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja khususnya terkait fungsi tulang dan otot mereka. Bekerja dengan cara dan sikap yang benar sangat penting untuk menghindari terjadinya cedera dan penyakit akibat kerja dalam bekerja. Sebagai pekerja sektor informal yaitu UMKM perlu adanya edukasi dan sosialisasi terkait bagaimana sikap kerja yang  ergonomis. Tujuannya agar  pekerja memiliki kesadaran bahwa sangat penting menerapkan sikap kerja ergonomis dan budaya kesehatan dan keselamatan kerja di setiap aspek dalam bekerja.

References

Anizar. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.

Aziz, Isnain Abdul. Hubungan Tingkat Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kedisiplinan Pemakaian Masker pada Pekerja Bagian Winding di PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.[Skripsi Ilmiah]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2014.

Barizqi, Inna Nesyi. Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan APD dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bangunan PT. Adhi Karya Tbk Proyek Rumah Sakit Telogorejo Semarang. [Skripsi Ilmiah]. Semarang : Universitas Negeri Semarang. 2015.

Daryanto. Keselamatan Kerja Peralatan Bengkel & Perawatan Mesin. Badung: Alfabeta;2010.

Notoatmodjo, Soekidjo. Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta. 2011

Respati F. Konsep Kepatuhan Dasar Manusia.Yogyakarta: Gosyen Publishing;2014.

Soekidjo Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta;2010.

Wowo S.K.2014. Ergonomi dan K3. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Yanto, Billy N.2017. Ergonomi (Dasar – dasar Studi Waktu dan Gerakan Untuk Untuk Analisis dan Perbaikan Sistem Kerja). Yogyakarta:Andi Offset.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Biomi, A. A. ., Haryawan, I. G. A. ., Prihastini, K. A. ., Negara, N. L. G. A. M. ., & Kusuma, M. A. P. N. . (2023). SOSIALISASI SIKAP KERJA ERGONOMIS PADA PEKERJA PEMBUATAN GENTENG DI DESA DARMASABA BADUNG-BALI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3643–3647. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15473