PERAN MATA KULIAH MODUL NUSANTARA PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI BAGI MAHASISWA OUTBOND UNIVERSITAS HKBP NOMMMENSEN

Authors

  • Renata Elisabet Siringo-ringo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Hanna Juni Artika Pane Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Masta Magdalena Silalahi Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15127

Keywords:

Modul Nusantara, Toleransi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa yang mengikuti program PMM. Modul Nusantara terdiri dari kegiatan kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Melalui bimbingan berulang, mereka berusaha meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Indonesia yang beragam, yang berasal dari berbagai golongan, suku, ras, agama, dan kepercayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara berperan dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa outbound pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas HKBP Nommensen tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa inbound melalui; pertama, sikap menghargai dan menghormati budaya orang lain; kedua, tidak bersikap merendahkan atau meninggikan satu suku daripada suku yang lain; ketiga, menganggap semua suku adalah saling bersaudara; keempat, tidak melakukan tindakan diskriminasi, serta memperlakukan semua orang sama dan sejajar.  

References

Agam, N. K. (n.d.). Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Siswa Smkn 1 Ampek. 13(1), 181–206.

Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., & Santoso, N. P. L. (2021). Gamification-based The Kampus Merdeka Learning in 4.0 era. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(1), 31. https://doi.org/10.22146/ijccs.59023

Al Anshori, F., & Syam, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6(2), 147–153.

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. 3(3), 649–655. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I3.378

Jumansyah, J., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023

Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (MBKM). 1–66. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/07/Panduan-Implementasi-Kebijakan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM.pdf

Pendidikan, B., Pembelajaran, P., Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Jurnal Kependidikan?: Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah , Universitas Kuningan Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah , Pascasarj. 6(3), 382–396.

Wulandari, A., Setioko, B., & Suprapti, A. (2016). Pengaruh Sosial Budaya Islami Terhadap Tatanan Permukiman Kampung Arab Sugihwaras. 37(1), 7–16.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Siringo-ringo, R. E. ., Pane, H. J. A. ., & Silalahi, M. M. . (2023). PERAN MATA KULIAH MODUL NUSANTARA PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI BAGI MAHASISWA OUTBOND UNIVERSITAS HKBP NOMMMENSEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3218–3223. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15127