MENGGALI KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MODUL NUSANTARA DALAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Anjeli Artha Br Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nurhayati Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Venika Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Agustina Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Michael Jomat Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15126

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Modul Nusantara, Keragaman Budaya

Abstract

Pentingnya keragaman budaya Indonesia dapat digali dalam program pertukaran pelajar Merdeka Batch 2 yang meluncurkan modul Nusantara. Modul Nusantara merupakan inovasi dalam program pertukaran pelajar yang menggali keragaman budaya Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi pengaruh modul Nusantara dalam pertukaran pelajar Merdeka Batch 2. Metode penelitian terdiri dari wawancara dengan mahasiswa peserta program dan analisis isi modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Nusantara berhasil memperkenalkan keragaman budaya Indonesia dan membantu siswa memahami nilai budaya yang berbeda dari setiap daerah. Selain itu, modul ini juga menawarkan kepada siswa pengalaman belajar yang berbeda dan menarik. Namun, ada tantangan seperti kurangnya waktu untuk mengunjungi seluruh wilayah Indonesia dan keterbatasan pengalaman praktis di bidang ini. Oleh karena itu, lebih banyak penyesuaian harus dilakukan agar program ini dapat lebih efektif mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia dan memberikan pengalaman yang lebih berharga.

References

Wulan, E. P. S., Saragi, N., Galingging, I., & Ambarita, M. K. (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5959–5963. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12348

Indriati, D., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 142–147. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46036

Priatna, T., & Suryani, L. (2020). Pengembangan Modul Budaya Nusantara dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 151-160.

Mahasiswa Merdeka. (2021). Program Mahasiswa Merdeka Batch 2. Diakses pada 16 April 2023 dari https://mahasiswamerdeka.kemdikbud.go.id/program/mahasiswa-merdeka- batch-2/,

POB-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka.(2022) https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/assets/pertukaranMahasiswaMerdeka/assets/ POB-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka.pdf

A Manalu, ISA Laia, B Giawa, S Giawa, A Zalukhu… - Jurnal Abdimas Mutiara, 2022. Program Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Penangganan Learning Loss Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 3 Lolowau

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Manurung, A. A. B. ., Sitorus, N. ., Panjaitan, V. ., Sianturi, A. ., & Michael Jomat. (2023). MENGGALI KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA MELALUI MODUL NUSANTARA DALAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15126