PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA 5 PADA KELAS 1 SD BERBASIS TIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15100

Keywords:

Buku Tema, Aplikasi, Animasi

Abstract

Pemanfaatan media dengan cara yang inovatif dapat mempercepat dan meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Peneliti memanfaatkan teknologi informasi komputer untuk membantu pendidik melakukan proses belajar mengajar dengan media yang lebih interaktif. Pengabdian ini dilaksanakan di SDN 006 MekarSari Dumai, yaitu dengan memberikan aplikasi untuk anak kelas 1 Tema 5, menggunakan buku tema 5 kurikulum 2013. Metode penyampaian dilakukan dengan melakukan demonstrasi didepan kelas menggunakan infokus. Dengan tampilan gambar serta video animasi yang menarik, siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran. Selain itu, penggunaan media multimedia juga dapat meningkatkan kreativitas dan minat belajar siswa, terlihat selama demonstrasi berlangsung anak-anak fokus dan antusias dalam menjawab.

References

Afrilia, Lizra, Neviyarni, Darnies Arief, and Risda Amini. 2022. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(3):710–21. doi: 10.31949/jcp.v8i3.2559.

Ariani, Rizka. 2019. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Pendidikan Dalam Pengembangan Multimedia Interaktif.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 5(2):155–62.

Kuswanto, Joko, and Ferri Radiansah. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” Jurnal Media Infotama 14(1). doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.

Mulyani, Fitri, and Nur Haliza. 2021. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 3(1):101–9. doi: 10.31004/jpdk.v3i1.1432.

Nugraha, Nur Budi, Tri Handayani, Tri Yuliati, and Ari Sellyana. 2021. “Pelatihan Pemograman Laravel Pada Siswa Sma It Plus Bazma Brilliant.” Jubaedah?: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) 1(2):130–36. doi: 10.46306/jub.v1i2.28.

Putri, Yulia Pratami, and Alpha Galih Adirakasiwi. 2021. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah Pada Materi SLPTV Dengan Metode Pembelajaran Daring.” Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika 5(3):2934–40. doi: 10.31004/cendekia.v5i3.987.

Rohmah, Omah Miftahur. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Tangerang).” Jurnal Pendidikan MIPA 2(1):39–49.

Waskito, Danang. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia [Media for Interactive Mathematics Learning for Elementary School Grade 6 Based on Multimedia].” Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 9(1):20–26.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Yuliati, T. ., Handayani, T. ., & Sellyana, A. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMA 5 PADA KELAS 1 SD BERBASIS TIK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3735–3740. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15100