MEDIAPRENEURSHIP BAGI GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15092Keywords:
Mediapreneuship, Content creator, Media SosialAbstract
Generasi Z lahir dan tumbuh bersama teknologi komunikasi dan media sosial. Generasi ini lebih suka berwirausaha. Akses media sosial yang beragam dan mentor yang baik membuat mereka mampu menghasilkan uang besar dari Youtube, Instagram dan Tiktok. Mediapreneurship merupakan konvergensi menjadi content creator sebagai pengumpul ide, data dan riset untuk membuat konten gambar, audio atau video yang disebarluaskan di berbagai platform digital. Permasalahan yang dihadapi Generasi Z adalah bagaimana menjadi mediapreneurship dalam hal ini menjadi conten creator yang menghasilkan konten edukasi dan menghibur. Solusi untuk masalah ini adalah memahami bahwa dunia ada di tangan dan kesuksesan di masa depan bukan hanya tentang menjadi pekerja kantoran. Membuat konten untuk publik adalah cara untuk mendapatkan kesuksesan dan penghasilan besar. Kegiatan berupa ceramah dan diskusi interaktif. Materi yang diberikan: Mindset tentang mediapreneurship dan content creator; Penggunaan media sosial yang "sehat"; Skill wajib yang dimiliki seorang content creator; Cara Menjadi Content creator yang Sukses; Tugas dan Tanggung Jawab Content creator; Prospek Kerja Content creator. Kegiatan serupa baiknya lebih sering diadakan dan dengan meningkatkan jumlah khalayak sasaran. Bekerja sama dengan SMA dan SMK lainnya yang ada di Jakarta. Mengingat mediapreneurship dan content creator menjadi ``karir`` yang sangat menjanjikan di masa depan. Permintaan konten terus menerus tanpa henti baik dari masyarakat umum maupun pemilik merk yang ingin bekerja sama dengan content creator dalam memasarkan produk mereka. Selain itu content creator juga membentuk personal branding melalui konten-konten yang bermanfaat dan menghibur yang mereka buat.References
Briandana, R, Putra, Y.M, Wardani,L.M.I. 2021. Mediapreunership As A Business Opportunity For Youth In The Tangerang City. Proceeding. International Conference On Community Development (ICCD) 2021. 1 (3). P 112-116. DOI:
https://doi.org/10.33068/iccd.Vol3.Iss1.313
Caprino, Kathy. 2013. Six Things 'Mediapreneurs' Must Do To Succeed. Diunduh dari https://www.forbes.com/sites/kathycaprino/2013/04/11/the-rise-to-the- tops-david-siteman- garland-on-6-things-mediapreneurs-must-do-to- succeed/?sh=518ff834bdf9 tanggal 20 Januari 2023.
Ernayani, R., Hamzah, A., Lapoliwa, G.E.S. 2023. Business and Entrepreneur Context of Content creator. Jurnal Komunikasi Profesional. (7) 1. e-ISSN: 2579-9371, URL:
http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp. DOI: https://doi.org/10.25139/jkp.v7i2 .
Meola, Andrew. 2023. Generation Z News: Latest characteristics, research, and facts. Retrieved Januari 20, 2023, from https://www.insiderintelligence.com/insights/generation-z-facts/
Powers, Anna. 2018. Why Gen-Z Talent Is More Likely To Pursue Entrepreneurship. Diunduh dari https://www.forbes.com/sites/annapowers/2018/07/31/why-gen-z-talent-is- more-likely-to- pursue-entrepreneurship/?sh=792e7a677822. Tanggal 20 Januari 2023
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019).
Generasi Z Sebagai Wirausaha. Osf, 4. https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31–43. DOI : https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Oktarina Costa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.