MENGENAL BUDAYA BALI MELALUI MATAKULIAH MODUL NUSANTARA DALAM PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DI UNDIKSHA

Authors

  • Agnes Tiomadina Tambunan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ivana Riris Harianja Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Liswina Nainggolan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Stephani Claudia Br Karosekali Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rolan Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15082

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Modul Nusantara, Budaya Bali

Abstract

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu tujuan dari program ini agar mahasiswa dapat mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya Bali melalui matakuliah modul nusantara yang diikuti mahasiswa inbound Universitas Pendidikan Ganesha. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptive. Pengambilan data melalui observasi dan dokumentasi selama kegiatan modul nusantara. Mudul nusantara merupakan matakuliah wajib yang didesain dengan berbagai rangkaian kegiatan yaitu, kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Kegiatan kebhinekaan dimulai dengan mengunjungi tempat ibadah, sektor ekonomi atau usaha, sampai pada alam atau tempat wisata yang ada di Bali. Inspirasi kegiatan yang mendatangkan pembicara yang dapat menginspirasi mahasiswa. Refleksi berbincang kembali tentang apa yang sudah dipelajari atau didapat dari kegiatan sebelumnya. Sampai pada Kontribusi sosial dimana masiswa lebih dekat dengan masyarakat melalui kegiatan yang yang dapat membantu suatu desa tertentu. Dengan empat rangkaian kegiatan tersebut sangat membantu untuk memperkenalkan budaya Bali kepada mahasiswa inbound Universitas Pendidikan Ganesha, sehingga penelitian tersebut dapat memperoleh yg relevan.

References

Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., danSantoso, N. P. L. (2021). Gamification-based The Kampus Merdeka Learning in 4.0 era. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(1), 31. https://doi.org/10.22146/ijccs.59023

Al Anshori, F., dan Syam, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6(2), 147–153

Anwar, R. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646-655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471

Anwar, R. N. (2021a). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Anwar, R. N. (2022a). Manan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Anwar, R. N. (2022b). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 10(2), 646–655.

Baharuddin, M. R. (2021b). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model Mbkm Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Https://Doi.Org/10.30605/Jsgp.4.1.2021.591

Falah, M. (2021). Digitalisasi pada Program Kampus Merdeka untuk Menjawab Tantangan

SDGs 2030. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(2), 87–94. Retrieved from

http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/view/17991%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/i

ndex.php/safrj/article/download/17991/6084 Anwar, R. N. (2022a). Manan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Anwar, R. N. (2022b). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. 10(2), 646–655.

Merdeka, M., Meningkatkan, D., & Mahasiswa, T. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 4659–4663.

Riyadi, S., Harimurti, R. S., & Ikhsan, J. (2022). Dampak Implementasi MBKM Terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1018–1029. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1991

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Sutarman, S. T., & Kom, S. (2022) Buku Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. CV Literasi Nusantara Abadi

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Tambunan, A. T. ., Harianja, I. R. ., Nainggolan, L. ., Karosekali, S. C. B. ., & Manurung, R. . (2023). MENGENAL BUDAYA BALI MELALUI MATAKULIAH MODUL NUSANTARA DALAM PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DI UNDIKSHA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3136–3142. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15082