PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN QUIZIZZ

Authors

  • Dwi Syukriady Universitas Islam Makassar
  • Ashar Ashar Universitas Islam Makassar
  • Musbaing Musbaing Universitas Islam Makassar
  • Yuriatson Yuriatson Universitas Islam Makassar
  • Sitti Patimah A MI. Yaspi Sambung Jawa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15066

Keywords:

Pembelajaran, Literasi Digital, Quizizz

Abstract

Melihat pengenalan Quizizz sebagai sebuah kebutuhan bagi guru maka guru wajib untuk di bekali pengetahuan tentang Quizizz agar mutu lulusan semakin meningkat sekaligus memperkuat literasi digital siswa. Quizizz bisa dikatakan baru bagi guru, pelatihan yang mereka dapatkan juga masih minim sehingga tim pengabdian berinisiatif untuk mengadakan pelatihan Quizizz untuk meningkatkan kecakapan guru dalam menjalankan aplikasi Quizizz. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi dan praktik Quizizz. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan Quizizz, guru merasa terbantu dengan pelatihan ini, respon positif sesudah pelatihan juga tampak dari hasil Focus Group Discussion, mereka antusias setelah dibekali dengan pelatihan yang bermanfaat dalam pembelajaran dan berharap pelatihan Quizizz tetap diadakan di lain waktu.      

References

Aflahah, A., & Romadani, M. H. (2022). Upaya Pengenalan Literasi Digital Melalui Aplikasi Youtube Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Bicorong 2 Pakong Pamekasan. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 157–171.

Basyith, A., & Fauzi, F. (2022). Pelatihan Evaluasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi Menggunaan Quizizz Pada Bimbingan Belajar Al Hikmah Palembang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.47747/jnpm.v3i1.928

Fredlina, K. Q., Werthi, K. T., & Astuti, H. W. (2021). Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(2), 108–114. https://doi.org/10.24967/jams.v2i2.1359

Heckie, D., Jati, P., & Mediatati, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383–389.

Imran, M. C., Nonci, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2022). Penguatan Pembelajaran Mahasiswa Melalui Pelatihan Learning Management System. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1508–1511. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8030

Irawan, I., Chandra, J. C., & Irawan, H. (2022). Pelatihan Quizizz Guna Meningkatkan Kemampuan Pendidik Dalam Mengevaluasi Belajar Siswa Pada Sd Yadika 1 Jakarta. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 314–322. https://doi.org/10.36080/jk.v2i2.40

Istiqomah, I., Hidayati, D., Afriliandhi, C., Fadhila, P., Sidi Melawati, A., & Juita Usmar, R. (2022). Pelatihan Media Quizizz untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru TK di Kalurahan Tamanmartani. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.51454/amaliah.v5i1.509

Purwanti, Y. G., Maruti, E. S., & Budyarti, S. (2022). Penguatan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan E-learning. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 231–240.

Putra, A. E., Rohman, M. T., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185

Rahayu, T., Muliawati, A., Krisnanik, E., & ... (2022). Analisis Tingkat Literasi Digital Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah …, 24(3), 241–247. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/1964%0Ahttps://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/download/1964/1079

Riady, Y. (2021). Gerakan Literasi Digital: Pelatihan Akses Internet Dan Komputer Bagi Guru Di Kabupaten Karawang. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(3), 53–60. https://doi.org/10.53769/jai.v1i3.124

Sukiyanto, S., Maulidah, ; Tsalitsatul, Anggreini, ; Dewi, Agustito, ; Denik, & Lestari, ; Dwi Nova. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. ABDIMAS UNIVERSAL, 4(2), 327–333.

Sulindra, I. G. M., Haris, A., Hermansyah, H., Safitri, A., & Andriani, N. (2023). Workshop Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru Di Pasraman Widya Dharma Sumbawa. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–75.

Tusyani, I., Azmi, M., & Jamil, J. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMK Negeri 17 Samarinda. Yupa: Historical Studies Journal, 6(2), 101–110. https://doi.org/10.30872/yupa.v6i2.979

Yuma, F. M., Sapta, A., & Parini, P. (2022). Pelatihan Penggunaan Game Quizizz dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Perangkat Komputer. Jurnal Pemberdayaan Sosial …, 2(1), 99–104. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/view/952%0Ahttp://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPSTM/article/viewFile/952/768

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Syukriady, D., Ashar, A., Musbaing, M., Yuriatson, Y., & A, S. P. . (2023). PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN QUIZIZZ . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3426–3439. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15066