PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM PENYAMPAIAN MATERI DI SEKOLAH

Authors

  • Eka Sarofah Universitas Islam Lamongan
  • Idrus Idrus Universitas Alkhairaat
  • Agustina Setyaningsih Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Baso Intang Sappaile Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muh Akbar Saputra Universitas Islam Makassar
  • Markus Asta Patma Nugraha Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Keywords:

Media Pembelajaran, Video, Guru, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Penyampaian Materi di Sekolah adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis video. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom, dihadiri oleh 61 guru dari berbagai daerah di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Abstrak ini menjelaskan alasan pemilihan topik ini, yaitu untuk mengatasi tantangan dalam penyampaian materi di sekolah dan memanfaatkan potensi teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pelatihan interaktif dan praktik langsung dalam pembuatan dan pengeditan video pembelajaran. Selama pelatihan, guru-guru diberikan pengetahuan tentang konsep media pembelajaran berbasis video dan keterampilan teknis untuk menciptakan video pembelajaran yang menarik dan efektif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis video dan partisipasi siswa yang lebih aktif dalam pembelajaran. Guru-guru melaporkan peningkatan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep yang lebih baik setelah menerapkan media pembelajaran berbasis video di kelas. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan ini berhasil memberikan manfaat yang signifikan bagi guru dan siswa. Penggunaan media pembelajaran berbasis video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan menghasilkan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif. Kegiatan ini memiliki implikasi penting dalam meningkatkan pendidikan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dan sekitarnya.

References

Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721.

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek?: Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Hasmirati, H., Nursyamsi, S. Y., Mustapa, M., Dermawan, H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Motivation And Interest: Does It Have An Influence On Pjok Learning Outcomes In Elementary School Children? Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 70–78.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Sarofah, E. ., Idrus, I., Setyaningsih, A. ., Sappaile, B. I. ., Saputra, A. M. A. ., & Nugraha, M. A. P. . (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DALAM PENYAMPAIAN MATERI DI SEKOLAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3070–3076. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15061

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.