KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS NEGERI MALANG DI DESA BELUNG

Authors

  • Carolina Pakpahan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Imelda Anastasya Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Afni Maylani Universitas HKBP Nommensen Medan
  • S Uly Menanti Simatupang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Misnarianita Kaban Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14989

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kontribusi Sosial, Desa Belung

Abstract

Kontribusi sosial merupakan kegiatan berkontribusi pada masyarakat dan hal ini wajib dilaksanakan di akhir program pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan yang ke-2. Kegiatan ini diikuti oleh 18 Mahasiswa, 1 Dosen Modul Nusantara dan 1 Mentor. Kegiatan ini dilaksanakan di sebuah desa yang bernama Desa Belung, Kecamatan Poncokusomo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 03- 04 Desember 2022.  Kegiatan kontribusi sosial ini mencakup 2 bidang yaitu kontribusi di bidang pendidikan dan kontribusi di bidang ekonomi. Kegiatan kontribusi di bidang pendidikan yaitu mengajar anak-anak TK dan SD yang ada di Desa Belung mata pelajaran Bahasa Inggris dan Belajar Mengaji. Sementara kontribusi sosial di bidang ekonomi adalah memberikan mesin pengolah limbah ternak guna menciptakan lingkungan Desa Belung yang lebih sehat dan bersih. Kegiatan ini di sambut kepada Desa, bapak kepala kelompok ternak Trimo Dani, seluruh masyarakat dengan baik dan semangat antusias yang menyebabkan tujuan pelaksanakan kontribusi sosial ini dapat terlaksanakan dengan baik dan lancar.   Kata kunci: Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kontribusi Sosial, Desa Belung   Abstract Social contribution is an activity to contribute to society and this must be carried out at the end of the 2nd batch of Independent Student exchange programs. This activity was attended by 18 students, 1 Nusantara Module Lecturer and 1 Mentor. This activity was carried out in a village called Belung Village, Poncokusomo District, Malang Regency, East Java Province. This activity lasts for 2 days, December 3-4, 2022. This social contribution activity covers 2 areas, namely contributions in the field of education and contributions in the economic sector. Contributing activities in the field of education include teaching kindergarten and elementary school children in Belung Village the subject of English and Learning the Qur'an. While the social contribution in the economic field is providing livestock waste processing machines to create a healthier and cleaner Belung Village environment. This activity was welcomed by the Village, the head of the Trimo Dani livestock group, the whole community with good and enthusiastic enthusiasm which caused the goal of implementing this social contribution to be carried out properly and smoothly.   Keywords: Independent Student Exchange, Social Contribution, Belung Village

References

Anwar, R. N., Murhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum di Banjarmasin. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 375. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1811

Anwar, R. N. (2022). Manan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Batau, S. H., Muliati, M., & Rampeng, R. (2022). Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Bosowa: Peminat Sociolinguistics Meningkat. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(3), 567–577.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana penerapan dan kendala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Merdeka Belajar Kampus Merdeka.... (Fuadi & Aswita, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Jumansyah, J., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023

Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Pakpahan, C. ., Pasaribu, I. A. ., Maylani, A. ., Simatupang, S. U. M. ., & Kaban, M. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNIVERSITAS NEGERI MALANG DI DESA BELUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3132–3135. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14989