PELATIHAN SOFT SKILL DAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI PANTI ASUHAN RUMAH PEMULIHAN KASIH ANUGERAH

Authors

  • Ririsma Sihombing Universitas Matana
  • M. Rachman Mulyandi Universitas Matana
  • Antonius Juniarto Universitas Matana
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Matana
  • Vikky Winardi Universitas Matana

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Pelatihan, Soft Skill, Keterampilan Belajar

Abstract

Panti didikan Rumah rehabilitasi Kasih rahmat ialah semacam Yayasan yang menyediakan anak-anak Yatim Piatu serta anak-anak terlantar dalam mencari, menapis serta memutuskan arah hidup yang pas buat bekal periode depan kehidupannya selaku insan yang terhormat, bermanfaat buat diri, keluarga serta masyarakatnya nanti dihari esok. mengalami kemajuan waktu yang kian laju, siswa/i yang terlihat di panti ajaran rumah perbaikan serta kasih rahmat tengah belum mendapati bimbingan dalam menciptakan impuls berlatih serta rendahnya bimbingan mengenai esensialnya impuls berlatih buat memutuskan periode depan yang lebih eksklusifnya di sisi pembelajaran. alhasil Yayasan panti ajaran rumah perbaikan kasih rahmat berkolaborasi dengan pengarang berikhtiar buat memberikan penataran pembibitan Soft keterampilan serta kepandaian berlatih dengan memakai Teknologi serta bimbingan macam apa membangkitkan impuls dengan hasrat berlatih siswa/i buat memutuskan periode depan yang eksklusifnya di sisi pembelajaran. cara yang dibubuhkan pengarang ialah penataran pembibitan.

References

Afiyah. 2013. Wujudkan Rumah Ilmu Bagi Anak-Anak Desa Dengan Pemberdayaan Peran Pemuda Melalui Program Smile (Smart Village) Sebagai Upaya Kemandirian Dan Kecerdasan Masyarakat Di Kelurahan Sendang Mulyo. Universitas Dian Nuswantoro: Tidak Diterbitkan.

Djamarabahri, Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dwianti, Inri Novita. 2021. Pengaruh Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol. 7, No. 4, Agustus 2021

Faryadi, Q. 2012. Effective Teachingand Effective Learning: Instructional Design Perspective. International Journal Of Engineering Research And Applications, 2(1), 222-228.

Hall, A. 2007. Vygotsky Goes Online: Learning Design From A Socio-Cultural Perspective. Learning And Socio-Cultural Theory: Exploring Modern Vygotskian Perspectives International Workshop, 1(1), 95-96.

Ilias, A., Abd Razak, M. Z., Yeop Yunus, N. K., & Abd Razak, S. F. (2012). How Accounting Students Perceived Towards Teamwork Skills. Journal Of Education And Vocational Research, 3(12), 387-398.

Indra, Welly. 2021. Peningkatan Keterampilan Belajar Dan Softskill Di Panti Asuhan Al-Kamilah Serua – Depok. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 2 Nomor 3.

M. Suyanto. 2005. Pengantar Teknologi Infomasi Untuk Bisnis. Andi. Yogyakarta

Mahasneh, J., & Thabet, W. 2015. Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis For Soft Skills Gap. Asc Annual International Conference Proceedings, 1-8.

Mehmood, T., & Rehman, Z.-U. 2011. Effective Use Of Teaching Methodologies At Secondary Level In Pakistan. Journal Of American Science, 7(2), 313-320.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Park, C. 2003. Engaging Students In The Learning Process: The Learning Journal. Journal

Of Geography In Higher Education, 27(2), 183–199.

Prasojo, Lantip Diat Dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rahayu, S. 2013. Soft Skills Attribute Analysis In Accounting Degree For Banking. International Journal Of Business, Economics And Law, 2(1), 115-120.

Rahman Bp, Abd. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar Al Urwatul Wutsqa: Volume 2, No. 1; Juni 2022

Sagala, S. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Cv. Alfabeta.

Sandroto, Christine Winstinindah. 2021. Pelatihan: Pentingnya Soft Skill Untuk Kesuksesan Kerja Bagi Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021.

Sumiyati. 2020. Pelatihan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Layanan Paud Di Desa Nagel. A?-?iby?n Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.5, No.1, Juni 2020, 31-42

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pengertian Pendidikan.

Usman, M. U. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Vyas, P., & Chauhan, G. S. 2013. The Preeminence Of Soft Skills: Need For Sustainable

Employability. Journal Of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(5), 124-131.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya, Jakarta: Rineka

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Sihombing, R. ., Mulyandi, M. R. ., Juniarto, A. ., Kurniawan, K., & Winardi, V. . (2023). PELATIHAN SOFT SKILL DAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI PANTI ASUHAN RUMAH PEMULIHAN KASIH ANUGERAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2735–2740. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14806