PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN KAMPUNG NELAYAN BAHARI

Authors

  • Wan Wan Suryani Universitas Medan Area
  • Retnawati Siregar Universitas Medan Area
  • Dahrul Siregar Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14689

Keywords:

Digital marketing, Packaging, Branding, Manajemen Usaha

Abstract

Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan belawan Kotamadya Medan Provinsi Sumatera Utara merupakan desa penghasil ikan asin. 7,6 % penduduk nya berprofesi sebagai nelayan dan 29,2 % ibu-ibu nya berprofesi sebagai pembuat ikan asin. Masalah yang dihadapi mitra adalah : 1) Sistem penjualan mitra masih menggunakan cara konvensional, menunggu calon pembeli datang, rata-rata calon pembeli ini merupakan pengepul yang nantinya akan dijual kembali. 2) Kelompok masyarakat belum mengenal pemanfaatan teknologi digital dalam memasarkan produk ikan asin. 3) Masyarakat minim ilmu pengetahuan dalam penggunaan media digital marketing. 4) Packaging produk ikan asin saat ini masih menggunakan plastik kresek (warna hitam). 5) Kelompok masyarakat belum mengetahui manajemen usaha dalam mengembangkan sebuah bisnis. Pentingnya PKM  ini dilaksanakan dengan memanfaatkan packaging yang ramah lingkungan serta memanfaatkan digital marketing sebagai sarana pemasaran dan penjualan. Diharapkan melalui digital marketing ini menjadikan kelurahan Belawan Bahari ini sebagai branding desa penghasil ikan asin di kota medan. Tujuan PKM ini ; 1) membantu masyarakat kelurahan Belawan Bahari dalam mencipatakan produk ikan hasil yang berkualitas (Higyenies)’ 2; Menciptakan packaging yang ramah lingkungan untuk pembungkus makanan hal penggunaan dan pemanfaatan media digital dalam memasarkan produk ikan asin. 2) membantu masyarakat dalam pengolahan ikan asin yang benar sehingga menghasilkan ikan asin dengan kualitas yang baik. 3) Membranding kelurahan Belawan Bahari sebagai desa penghasil ikan asin di kota medan.

References

Fitriyah, R. D., & Ansori, T. (2022). Diversifikasi Pengelolaan Hasil Tangkap Nelayan Dusun Kaligung Pasuruan sebagai Upaya Ketahanan Ekonomi Keluarga Pesisir. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 425–442. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.2093

Kertati, I., Darmanto, S., & Tumangkar, T. (n.d.). MODEL AKSI PEREMPUAN KEPALA KELUARGA KONSTALASI PASCA MEREDUPNYA COVID-19.

Kusnadi, (2002), Akar Kemiskinan Nelayan LKIS,.Yogyakarta

Kusnadi, (2003), Polemik Kemiskinan Nelayan. Pondok Edukasi dan Pokja Pembaharuan. Yogyakarta.

Kusnadi, (2008). Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Jember Moeleong,

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Wan Suryani, W., Siregar, R. ., & Siregar, D. . (2023). PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN KAMPUNG NELAYAN BAHARI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3287–3291. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14689