PENGELOLAAN LAYANAN LABORATORIUM TERPADU UNIT FISIKA DALAM MENUNJANG KINERJA DAN KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS HALUOLEO TAHUN AKADEMIK 2022.2

Authors

  • Wa Ode Sukmawati Arsyad Universitas Halu Oleo
  • La Ode Wero Universitas Halu Oleo
  • Sarman Sarman Universitas Halu Oleo
  • La Ode M. Nurrakhmad Arsyad Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14462

Keywords:

Indeks Kepuasan, Mahasiswa, Praktikum, Pelayanan, Laboratorium

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan layanan yang disediakan oleh laboratorium fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey melalui kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa yang menggunakan laboratorium fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sudah sangat puas dengan fasilitas yang disediakan oleh laboratorium fisika, namun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan seperti layanan komunikasi di luar jam pratikum serta layanan memberikan format baru laporan pratikum dari asisten. Unsur layanan mengenai kemudahan mengakses materi video pratikum menampati presepsi tertinggi untuk pelayanan di lab terpadu unit fisika dengan nilai rata-rata kepuasan 3,85. Di laboratorium terpadu unit Fisika, Video praktikum fisika dasar dinilai sangat membantu praktikan untuk memahami praktikum yang akan dipraktikumkan dan dapat mengetahui alat dan bahan praktikum serta prosedur kerja praktikum. Untuk unsur layanan komunikasi asisten diluar jam praktikum dan unsur pemberian format baru laporan pratikum kepada praktikan menempati urutan terendah untuk pelayanan di lab terpadu unit fisika dengan nilai rata-rata kepuasan 3,17 dan 3,24. Rendahnya nilai unsur layanan komunikasi asisten diluar jam praktikum disebabka karena adanya aturan yang telah ditetapkan di laboratorium terpadu unit fisika tentang larangan melakukan konsultasi diluar laboratorium serta adanya pembatasan waktu terkait konsultasi yang hanya dibatasi sampai jam 5 sore saja maka praktikan merasa pelayanan konsultasi laporan masih sangat kurang. Sedangkan untuk unsur layanan pemberian format baru laporan pratikum kepada praktikan mendapatkan nilai rendah disebabkan karena asisten praraktian merasa kalau asisten selalu memberikan format laporan berbeda dengan format yang telah ditentukan sebelumnya  

Author Biographies

La Ode Wero, Universitas Halu Oleo

Laboratorium Unit Fisika, UPT. Laboratorium Terpadu  

Sarman Sarman, Universitas Halu Oleo

Laboratorium Unit Fisika, UPT. Laboratorium Terpadu

La Ode M. Nurrakhmad Arsyad, Universitas Halu Oleo

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik  

References

Aditama, P. B., & Widowati, N. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Pada Kantor Kecamatan Blora. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 283-295.

Adhari, I. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (Vol. 1). CV. Penerbit Qiara Media.

Admoko, S., & Supriyono, S. (2016). Workshop Peningkatan Kemampuan Merancang Kegiatan Laboratorium Berorentasi pada Pendekatan Saintifik Bagi Guru Fisika Sidoarjo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 34-42.

Agustina, M. (2018). Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD). AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1-10.

Anies, E. (2017). Pengelolaan laboratorium fisika dasar dalam menunjang kinerja dan kepuasan pengguna laboratorium fisika Fkip Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 75-82.

Ansori, I., Trimurtini, T., Sari, E. F., & Widihastrin, F. (2022). Kesiapan Laboratorium Terpadu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang Untuk E-Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 275-279.

Ariesta, R. (2011). Pengembangan perangkat perkuliahan kegiatan laboratorium fisika dasar II berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kerja ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika

Arsyad, W. O. S., & Arsyad, L. F. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penyelenggaraan Praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Fisika Universitas Halu Oleo Semester Genap Tahun 2022. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 762-766. Indonesia, 7(1).

Aurellia, T., & Perdana, H. (2020). Penerapan Structural Equation Modeling Partial Least Square Pada Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Kepolisian Kalimantan Barat. Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, 9(4).

Astuti, R. (2020). Manajemen Laboratorium yang Cerdas, Cermat, dan Selamat. Sukabumi; CV Jejak (Jejak Publisher).

Damanik, A. (2022). Pendidikan Sebagai Pembentukan Watak Bangsa: Sebuah Refleksi Konseptual-Kritis dari Sudut Pandang Fisika. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Delti, G. Efektivitas Praktikum Percepatan Gravitasi di Laboratorium Fisika. Indonesian Journal of Laboratory, 5(2), 74-81.

Darus, M. D., & Mahalli, K. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Ekonomi dan Keuangan, 3(6).

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal, 5(1), 83-92.

Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., ... & Hulu, F. (2021). Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 5(2), 105-122.

Kertiasih, N. L. P. (2016). Peranan laboratorium pendidikan untuk menunjang proses perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), 4(2), 59-66.

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.

Lengkong, F., Lengkong, V. P., & Taroreh, R. N. (2019). Pengaruh Keterampilan, Pengalaman dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Tri Mustika Cocominaesa (Minahasa Selatan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Nesimnasi, V., Romeo, P., & Ndoen, E. M. (2019). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Lontar: Journal of Community Health, 1(4), 147-154.

Nikmah, S., Hartono, H., & Sujarwata, S. (2017). Kesiapan dan Pemanfaatan Laboratorium dalam Mendukung Pembelajaran Fisika SMA di Kabupaten Brebes. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(1), 1-8.

Pascalis, F. (2018). Perancangan laboratorium dasar terpadu universitas tanjungpura. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 6(1).

Rahman, M. T. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wahyudi, W., Mukhtar, M., & Risnita, R. (2020). Pengelolaan Laboratorium Bahasa Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Negeri Se-Provinsi Jambi (Studi Di Iain Kerinci Dan Universitas Negeri Jambi) (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Widowati, A. (2008). Diktat Pendidikan Sains. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliyanti, E., Hasan, M., & Syukri, M. (2016). Peningkatan keterampilan generik sains dan penguasaan konsep melalui laboratorium virtual bebasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 76-83.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Arsyad, W. O. S., Wero, L. O., Sarman, S., & Arsyad, L. O. M. N. . (2023). PENGELOLAAN LAYANAN LABORATORIUM TERPADU UNIT FISIKA DALAM MENUNJANG KINERJA DAN KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS HALUOLEO TAHUN AKADEMIK 2022.2. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2445–2451. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14462

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.