PELATIHAN TATA KELOLA KEUANGAN UMKM DI DESA SUKADANAU, KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT

Authors

  • Soeharjoto Soekapdjo Universitas Trisakti
  • Mona Adriana Patriyasa Universitas Trisakti
  • Debbie Aryani Tribudhi Universitas Trisakti
  • Nirdukita Ratnawati Universitas Trisakti
  • Husna Leila Yusran Universitas Trisakti
  • Masni Salfinnia Universitas Trisakti
  • Nurlida Fatmikasari Coca-Cola Europacific Partners Indonesia
  • Ardiyanto Ardiyanto Coca-Cola Europacific Partners Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14440

Keywords:

Tata kelola keuangan, UMKM, Usaha Berkelanjutan

Abstract

Program sustainability Desa Bestari zona 1, Desa Sukadanau, Cikarang Barat dari Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, dalam memberdayakan ibu rumah tangga, untuk mengembangkan budidaya tanaman lidah buaya dan usaha dari produk turunannya, telah berjalan dengan baik. Namun, guna menunjang keberlanjutan usahanya, akibat sulitnya memperoleh tambahan modal, pihaknya mengajak kerjasama dengan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti untuk memberikan pengetahuan untuk memperoleh tambahan modal usaha. Pengabdian Kepada Masyarakat ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan tata kelola keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kepada ibu rumah tangga, agar pengetahuan yang telah diperolehnya dapat dimanfaatkan untuk menunjang keberhasilan usahanya. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan dengan menggunakan metode Asset Based Community Development. Hasil dari pengetahuan pelatihan ini, dapat digunakan untuk menambah modal usaha dan sekaligus mengamankan dana yang mereka peroleh dari usahanya. Kegiatan pelatihan ini, diikuti secara antusias dan semangat dari para komunitas, yang informasinya diperoleh dari diskusi dan tanya jawab yang dilakukan, bahkan ada yang secara rinci dapat membuat perencanaan tata kelola keuangan untuk usahanya. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, mendapat masukan dari komunitas untuk melakukan konseling dan membuat program lanjutan, dengan topik lain yang dapat menunjang keberhasilan usaha dan meningkatkan kesejahteraannya.

References

Hakim, R. (2021). Optimalisasi 4-SI Dalam Pengembangan UMKM dan Industri Halal di Indonesia. INSIGHT, 3, 25–28.

Hamzah, M., Syukur, M., Salam, M. N., & Junaidi, M. I. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perekonomian Indonesia: Analisis Terhadap Sektor Domestik dan Stabilitas Inflasi. TRILOGI, 2(3), 382–388.

Lucky, E. O. I., Olusegun, A. I., & Bakar, M. S. (2012). Determinants of Business Success: Trust or Business Policy? Researchers World, 3(3), 37–42.

Maulana, M. (2019). Asset-Based Community Development?: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. EMPOWER, 4(2), 259–278.

Melianna, R., Sinaga, J. P., & Dinnita, R. U. (2021). Perubahan kualitas hidup akibat pandemi COVID-19: Analisis klaster provinsi di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), 169–186.

Mubaroq, H., & Dzulkarnain, R. (2023). Pemberdayaan Komunitas Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan UMKM melalui Pelatihan pembuatan Kue Rumahan. Populika, 11(2), 68–79.

Rahmawan, A. Z., & Effendi, Z. (2021). Implementasi Society 5.0 Dalam Kebijakan dan Strategi Pendidikan Pada Pandemi COVID-19. Strategy, 2(1), 34–43.

Riyanto, B. (1996). Pembelanjaan Perusahaan. BPFE.

Robbin, P. S. (2001). Perilaku organisasi. konsep, kontroversi, aplikasi. Prenhallindo.

Sari, S. M., Yunizar, & Sartika, D. (2020). Determinants of MSME’S Competitive Advantage: Do Digital Competency and Entrepreneurial Orientation Matter? AdBispreneur, 5(1), 63–72.

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam UpayaMeningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Ksiologiya, 4(2), 231–240.

Soeharjoto, Lutfi, M. Y., & Tajib, E. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengenalan Usaha Kreatif Di Daerah Aliran Sungai Citarum Desa Mulyasari. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 219–224.

Soeharjoto, Ratnawati, N., Purnamaningrum, T. K., Esya, L. Lestari, H. S., Astuti, C. D., & Muayyad, D. M. (2023). Strategi UMKM Pimpinan Cabang Istimewa Fatayat NU Malaysia Untuk Dapat Bertahan Dalam Menghadapi Krisis Global Akibat Pandemi COVID-19. J-ABDI, 2(8), 6029–6036.

Soeharjoto, Syofyan, S., Usman, B., Simanjuntak, L. R., & Tribudhi, D. A. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dan Aplikasi Smartphone Dalam Meningkatkan Usaha Mikro dan Kecil Pada Era Pandemi COVID-19 di Kelurahan Mustikajaya. Abdimas Dewantara, 5(2), 224–232.

Soeharjoto, Tribudhi, D. A., Harahap, C. D., Hariyanti, D., & Tajib, E. (2021). Penerapan Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro dan Kecil di Sekolah Kewirausahaan Cordova Bina Amanah. Abdi Dosen, 5(3), 342–351.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Salemba Empat.

Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia. ECONOMIE, 3(1), 1–7.

Vhikry, M., & Mulyani, A. S. (2023). Mencermati Dampak Digitalisasi Bagi UMKM Pasca Pandemi COVID 19. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(8), 7287–7290.

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Soekapdjo, S., Patriyasa, M. A. ., Tribudhi, D. A. ., Ratnawati, N. ., Yusran, H. L. ., Salfinnia, M. ., Fatmikasari, N. ., & Ardiyanto, A. (2023). PELATIHAN TATA KELOLA KEUANGAN UMKM DI DESA SUKADANAU, KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14440