PENGEMBANGAN USAHA MELALUI INOVASI KEMASAN PRODUK JAMUR TIRAM DI DESA KERTONEGORO KECAMATAN JENGGAWAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13863Keywords:
Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Inovasi produk, Jamur TiramAbstract
Penciptaan baru pada suatu produk adalah suatu bentuk inovasi yang memunculkan sesuatu yang baru. Pentingnya inovasi ini bagi UMKM adalah mampu memberikan nilai tambah bagi produk yang dijual. Inovasi dapat dilakukan pada barang, pelayanan, atau gagasan-gagasan yang diterima oleh seseorang sebagai sesuatu yang baru, sehingga mungkin saja suatu gagasan telah muncul di masa lampau, tetapi dapat dianggap inovatif bagi konsumen yang baru mengenalnya. Kegiatan ini meliputi telaah potensi yang dapat dijadikan perubahan pada produk jamur tiram, melakukan sosialisasi terkait inovasi pada kemasan, melakukan perubahan pada kemasan produk jamur tiram dengan memberi informasi tambahan pada kemasannya. Tujuan inovasi ini adalah untuk memperluas pasar dan memberikan informasi pada label kemasan guna lebih memperkenalkan produk jamur tiram. Pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 23 September sampai dengan 11 November 2022 di Industri Rumah Tangga Jamur Tiram milik bu Hilyatul Fitriyah di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Kegiatan ini melibatkan orang mahasiswa dari Program Studi Administrasi Niaga dan Negara. Metode kegiatan ini antara lain observasi, sosialisasi, pelatihan, dan monitoring dan evaluasi. Tujuan inovasi ini adalah memperkenalkan produk jamur tiram bu Hilyatul Fitriyah menjadi lebih luas dengan melakukan pembaharuan atau inovasi pada kemasan dan memperbaiki kualitas jamur dengan kemasan yang membuat jamur menjadu tahan lama. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah pemilik telah memahami akan pentingnya inovasi produk khususnya pada kemasan, telah memahami terkait pentingnya informasi untuk memperluas lingkup pasar. Selain itu, kemasan sudah di perbaharui dengan menggunakan plastik tebal, sehingga mampu menahan kualitas jamur tiram.References
Ningsih, Candra Siska. Kintoko. dan Putri, Handayani Puji. 2020. Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No.1, Hal. 6-11.
Al Barnadib, Firjon Muhammad. Julianto, Eko Didik. dan Handini, Dwi Yuslinda. 2015. Inovasi Produk Berbasis Kemasan Pada Keripik Pisang UD. Shabrina Di Lumajang. Jurnal e-SOSPOL.
Azizah, Lutvi Nuril. dan Mauliana Intan. 2020. Program Pengabdian Masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Mengenai Desain Komersialisasi Dan Promosi Produk Makanan Inovasi. Jurnal ABDI. Vol.6 No.1 Hal. 58-64
Rowley, J. 2008. Understanding Digital Content Marketing. Jurnal Marketing Management. Vol. 24 Issue 5-6, pp. 517-540
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alifian Rizzalul Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










