PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSUMSI TABLET FE PADA IBU HAMIL

Authors

  • Rohani Rohani STIKES Mitra Adiguna Palembang
  • Untari Anggeni STIKES Mitra Adiguna Palembang

Keywords:

Pengetahuan, Tablet Fe, Ibu Hamil

Abstract

Anemia   pada   ibu   hamil   berisiko meningkatkan kehamilan prematur, kematian ibu dan anak serta infeksi. Data tahun    2018   di    Indonesia    terdapat  sebanyak    48,9    %    ibu    hamil    yang mengalami anemia dan sebanyak 84,6% .Cakupan  pemberian tablet  tambah  darah  di  Indonesia  tahun 2019  adalah  64,0%  yang  masih  belum mencapai target Renstra tahun 2019 yaitu sebanyak  98%.  Untuk  Kalimantan  Barat, data  cakupan  pemberian  tablet  tambah darah yaitu sebesar 89,7 %. Metode yang digunakan untuk dapat mencapai target dari kegiatan ini adalah dengan cara pendekatan, penyuluhan, dan pelayanan konseling gratis. Dengan demikian masyarakat akan mendapatkan pelayanan malalui berbagai rangkaian kegiatan yang menunjang peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan masayrakat tentunya. Luaran akhir dari kegiatan ini adalah ibu hamil  memahami anemia cara konsumsi tablet Fe dengan benar. Setelah dilakukan penyuluhan dan konseling pada ibu hamil didaptkan peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang cara konsumsi tablet Fe dalam kehamilan sehingga dapat mencegah anemia dalam kehamilan. Diharapkan kegiatan penyuluhan dan konseling pada ibu hamil tentang cara konsumsi tablet Fe ini dapat dilaksanakan berkesinambungan oleh petugas kesehatan.

References

Ariani, A. amira, andria pdagholapati, Amirah, L., & Pragholapati, A. (2022). Analisis Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Fe.

Muliani, R., Radatullah, M., & Noviyanti Putri, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tegal Binangun Kota Palembang 2021. Jurnal Kesehatan Terapan, 9(1), 29–34.

Putri, A., Satya Nugraha, H., Fajrin, D. H., Indrianita, V., Happy, T. A., Mar’atus Sholichah, A., Yaner, N. R. (2022), Kebidanan, D., Kesehatan, I., Merdeka Surabaya, U., Kesehatan, P., Pontianak, K., & Keperawatan, S.. Korelasi Pengetahuan Ibu Hamil Terhadap Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe Di Puskesmas Siantan Tengah

Vianti, R. A., & Hasanah, N. (2022). Edukasi Pelayanan Kehamilan selama Covid-19 pelayanan kesehatan maternal dan pelayanan kesehatan lainnya karena dan kelas ibu hamil , serta adanya penanggulangan dan komplikasi- penting dalam kesehatan Jawa Tengah tahun 2018 , kunjungan pertama K1 terenda. Jurnal ABDIMAS -HIP Vol 3 No 1 Februari 2022, 3(1), 40–46.

Wulandini, P., & Triska, T. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Fe di Wilayah Puskesmas RI Karya Wanita Pekanbaru. MENARA Ilmu, XIV(02), 122–128.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Rohani, R., & Anggeni, U. . (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSUMSI TABLET FE PADA IBU HAMIL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1844–1847. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13851