PEMANFAATAN GOODIE BAG MENJADI BUNGA HIASAN BERNILAI JUAL

Authors

  • Melisa Melisa Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nanna Nanna Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nirwandani Marhum Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Erna Erna Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Syawal Asril Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Ilham Tahir Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Samsinar Samsinar Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13739

Keywords:

Goodie bag, wirausaha, bernilai jual

Abstract

Pemanfaatan goodie bag menjadi bunga hiasan bernilai jual. Tujuan program kreativitas mahasiswa – kewirausahaan (PKM-K) adalah membangkitkan motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dalam mengelola goodie bag menjadi kerajinan tangan berupa hiasan bunga yang bernilai jual. Produk berupa bunga hiasan ini dapat menambah estetika ruangan. Digunakan juga sebagai aksesoris ruangan. Metode pelaksanaan program ini adalah input, proses (produksi), output, dan evaluasi. Hasil program ini adalah input, melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar. Selanjutnya melakukan survey kelayakan uasaha yang dijalankan. Tahap terakhir adalah pemilihan bahan yang tidak mudah rusak dan berkualitas tinggi yang akan diproduksi. Proses (Produksi), proses pembuatan bunga hiasan mulai dari persiapan bahan dan alat sampai bunga hiasan siap dipasarkan. Output, yaitu hasil kerajinan tangan bunga hiasan yang siap digunakan dan dipasarkan kepada konsumen. Yang terakhir adalah evaluasi, yaitu tahapan ini dilakukan pada saat produksi produk bunga hiasan dari goodie bag telah selesai dilakukan. Pada tahap ini akan meninjau tentang kekurangan-kekurangan apa saja yang membuat konsumen tidak puas menggunakan produk kami. Kesimpulam program PKM-K pemanfaatan goodie bag menjadi bunga hiasan yang bernilai jual dapat memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk berkreasi untuk mengelola goodie bag menjadi bahan hiasan, selain itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk praktik dalam berwirausaha dengan pemahaman konsep wirausaha yang komprehensif, dan membangun semangat mahasiswa untuk tetap berbisnis.

References

ABM, Reny Nadlifatin, S. K. (2018). pengolahan limbah plastik menjadi produk kerajinan tangan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sendang dajah. Abdikarya, 1 no 1.

AK, M. F., Mariahati, & Bangun, R. (2019). Strategi Maksimalisasi Usaha Goody Bag Stylish Di Kelurahan Padang Bulan Selayang Ii Kecamatan Medan Selayang Kota Medan. Senias, 135–141.

Budiarti, W., Susilowati, S., & Farida, I. (2018). Upaya Pemanfaatan Sampah Plastik Kelompok Ibu-Ibu Dasawisama Gladiol 161 di Perumahan Magersari Permai, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Komunikasi Profesional, 2(2), 156–168. https://doi.org/10.25139/jkp.v2i2.1377

Fatoni, N., Imanuddin, R., & Darmawan, A. R. (2017). Pendayagunaan Sampah Menjadi Produk Kerajinan. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 17(1), 83. https://doi.org/10.21580/dms.2017.171.1505

Kualitas, P., Dan, P., Merek, C., Minat, T., Konsumen, B., Sumidartini, A. N., Sobari, I. S., Isnaeni, V. A., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, F. I., Quality, P., Studi, P., Bisnis, A., Bisnis, A., Apriliana, V., & Sumarna, S. (2023). Jurnal administrasi bisnis. 3(1), 34–44.

Mardiana, S. (2013). Peranan Komunikasi Pemasaran Dalam Membentuk Perilaku Konsumen. Jurnal Komunikasi, 2(2), 40–46.

Menifili, N., Zega, S., Sinaga, A. H., & Agung, U. D. (n.d.). Analisis Efisiensi Usaha Anggrek BULAN ( Phalaenopsis Amabilis ) Di Desa Limau Manis , Kecamatan Tanjung.

Nugroho, D. F. K. (2022). Sosialisasi Pengurangan Penggunaan Plastik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Pengembangan Desain Goodie Bag Sebagai Upaya Kreatif Dalam Meningkatkan Ragam Desainnya. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Sudarko, A. S. (n.d.). nonwovens . Nonwovens. 1–12.

Sumanto, Gipayana, M., & Rumidjan. (2015). Kerajinan Tangan di Blitar sebagai Sumber Belajar Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 24(2), 111–123.

Yulianingsih, I., Zaitun, Damayanti, A., Hayati, C., & Hamid, A. R. (2020). Upaya pengurangan sampah plastik dan bentuk kepedulian lingkungan melalui kerajinan goodie bag. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–12. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8846

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Melisa, M., Nanna, N., Marhum, N. ., Erna, E., Asril, S., Tahir, I. ., & Samsinar, S. (2023). PEMANFAATAN GOODIE BAG MENJADI BUNGA HIASAN BERNILAI JUAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2187–2192. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13739