PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DAN GURU BAGI ANAK DI ERA DIGITAL BERSAMA RADIO RRI

Authors

  • Yulia Septi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Ridania Ekawati Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Dini Susanti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13610

Keywords:

RRI, Peran Orang Tua, Guru, Era Digital

Abstract

Radio RRI Pro 1 FM 97,5 FM untuk masyarakat Kota Padang, merupakan salah satu radio yang memiliki salah satu programnya yaitu “Religi Pagi” yang dilaksanakan dalam 2x dalam 1 bulan yang dilaksanakan pada minggu ke 1 dan ke 3. Pada program Religi Pagi para pendengarnya itu pada umumnya orang tua dan guru, mereka selalu mempertanyakan masalah yang sering terjadi pada tingkah laku anak-anaknya terutama dari segi agama dan pendidikan. Keberadaan radio sebagai salah satu media yang berperan dalam menyampaikan berita dan hiburan dengan menggunakan suara, karena dengan mendengarkan radio penyiarnya bisa menjadi teman untuk sesorang bisa menceritakan keluh kesah yang dirasakan. Terutama pada peran orang tua dan guru tersebut bagi anak di era digital yang kita rasakan saat ini, dikarenakan zaman yang semakin modern dan maju tentunya era digital juga semakin canggih, maka sangat dibutuhkan peran orang tua di rumah dan guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya peran orang tua dan guru bagi anak di era digial pada saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis pengabdian yang melalui pendekatan komunikasi dengan menggunakan Radio RRI.

References

Dini, J. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975.

Jayadi, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Model Pengasuhan Anak di Era 4.0 di Kota Parepare (Analisis Hukum Keluarga Islam) [PhD Thesis]. IAIN PAREPARE.

Ramadhani, S. P., & Ritonga, R. (2019). Sosialisasi Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Di Era Digital Madrasah Ibtidayah Gunung Bunder II, Pamijahan Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 94–100.

Ramdhani, N., & Patria, B. (2018). Psikologi untuk Indonesia maju dan beretika. UGM PRESS.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Wahyuni, Y. S. ., Ekawati, R. ., & Susanti, D. . (2023). PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DAN GURU BAGI ANAK DI ERA DIGITAL BERSAMA RADIO RRI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2108–2112. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13610