PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS POST MODERN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH

Authors

  • Rabiudin Rabiudin Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13235

Keywords:

Literasi Sains, Literasi Post Modern, Perkembangan Pengetahuan

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan penyuluhan dan edukasi kepada tenaga kependidikan yang berada di bawah Kementerian Agama mengenai urgensi dan partisipasi dalam penguatan literasi post modern di instansi kerja masing-masing. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu menggunakan metode ceramah melalui kanal YouTube yang disimak oleh seluruh peserta secara daring di tempat kerja masing-masing. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sesuai dengan jumlah database peserta yang tercantum dalam kegiatan program beasiswa Indonesia Bangkit Kementerian Agama kerjasama dengan lpdp republik Indonesia yakni sejumlah 456 peserta. Dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan pula post test pengetahuan peserta terhadap keterampilan literasi post modern. Instrumen tes yang digunakan berupa sheet Google form dalam bentuk kuis dengan skor dan nilainya langsung diakumulasi oleh pengabdi. Hasil utama dari kegiatan ini adalah peserta memahami secara komprehensif konsep komponen dan aktivitas literasi post modern dengan baik. Hal ini menunjukkan efektivitas penyampaian materi dapat dipahami dengan baik oleh peserta.

References

Abrahams, L., Burke, M., Gray, E., & Rens, A. (2008). Opening access to knowledge in Southern African universities. SARUA, Pretoria, ZA.

Al Anang, A. (2019). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dalam Islam. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.29408/fhs.v3i2.2129

Ashton, T. S. (1997). The industrial revolution 1760-1830. OUP Catalogue.

Campbell-Kelly, M., & Garcia-Swartz, D. D. (2013). The history of the internet: The missing narratives. Journal of Information Technology, 28(1), 18–33. https://doi.org/10.1057/jit.2013.4

Cohen-Almagor, R. (2013). Internet history. In Moral, Ethical, and Social Dilemmas in the Age of Technology: Theories and Practice (pp. 19–39). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-2931-8.ch002

Curran, J. (2012). Rethinking internet history. In Misunderstanding the Internet (Vol. 9780203146484, pp. 34–65). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203146484

Habibah, S. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. DAR EL-ILMI?: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166–180.

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61

Karim, A. (2017). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Metodologi Penelitian. Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 2(1), 273–289. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563

Mahoney, M. S. (2005). The histories of computing (s). Interdisciplinary Science Reviews, 30(2), 119–135.

Mubaroh, S., Fujiyanti, L., & Pratiwi, I. R. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dan Sarana Literasi Digital Guru. Bhakti Persada, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.31940/bp.v6i2.2006

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107–126.

Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71

Rabiudin, R., Oki, S. A., Erwinestri, H. N. A., & Arini, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88–102.

Roshonah, A. F., Damayanti, A., Ramhatunnisa, S., & Masykuroh, K. (2021). Pelatihan literasi digital untuk guru PAUD di wilayah Sukabumi Jawa Barat. 47–56.

Ryan, J. (2010). A History of the Internet and the Digital Future. Reaktion Books. http://curtin.eblib.com.au/patron/FullRecord.aspx?p=618772

Sengupta, P. (2021). Open access publication: Academic colonialism or knowledge philanthropy? Geoforum, 118, 203–206. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2020.04.001

Subarjo, A. H. (2017). Perkembangan teknologi dan pentingnya literasi informasi untuk mendukung ketahanan nasional. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 9(2), 1–8.

Supriatna, K. (2017). Kontra Produktif Keterbukaan Informasi Publik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 61–64. https://doi.org/10.30656/lontar.v4i3.362

Weik, M. H. (2000). Advanced Research Projects Agency Network. Computer Science and Communications Dictionary, 32–32. https://doi.org/10.1007/1-4020-0613-6_404

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Rabiudin, R. (2023). PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS POST MODERN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1760–1771. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13235