PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI PERWUJUDAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Indah Rumondang Manik Universitas HKBP Nommensen
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen
  • Arwin Tannuary Sekolah Tinggi Akuntasi dan Manajemen Indonesia
  • Rianita Simamora Universitas HKBP Nommensen
  • Yanty Maria Rosmauli Marbun Universitas HKBP Nommensen
  • Bloner Sinurat Universitas HKBP Nommensen
  • Sudung Simatupang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Keywords:

Praktik Pengalaman Lapangan, Keterampilan Mengajar, Peningkatan Kemampuan

Abstract

Program PPL Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar yang dilaksanakan pada semester 7 di tahun 2022 ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan  dalam bidang pendidikan. SMK N 1 Pematang Siantar merupakan salah satu sekolah yang peneliti pilih dan telah  disetujui oleh pihak Kordinator PPL UHN untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2022. Program PPL bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai atau diperolehnya di perkuliahan ke dalam pembelajaran di kelas dengan memberikan pengalaman mengenali, mempelajari, dan menghayati permasalahan yang ada di sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Sesi praktik mengajar terbimbing pertama untuk program ini akan berlangsung pada Oktober 2022. Pembelajaran di program PPL di SMK N 1 Pematang Siantar berjalan lancar. Meski ada sejumlah tantangan, mahasiswa PPL mampu mengatasinya dengan kerja sama yang kuat. Kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah sangat diuntungkan dengan adanya dukungan dan arahan yang diberikan oleh berbagai pihak terutama pihak sekolah itu sendiri

References

Herman, H., Silalahi, D. E., and Sinaga, Y. K. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Indonesia Berdaya, 4(1), 267-272, DOI: 10.47679/ib.2023408

Panjaitan, P., Simanjuntak, M., Silitonga, F. D., Pardede, S., Napitupulu, L., Silitonga, N. M. S., Herman, H., Sigiro, M., Yusnadi, Y., and Syahfitri, D. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II Dalam Kegiatan Mengajar Siswa Kelas 1 SD di SD Negeri 177041 Simarhompa Pada Tahun 2021. Martabe: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 955-967. DOI: 10.31604/jpm.v5i3.955-967

Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., and Grace, E., (2022). Improving teachers’ competence through the implementation of the 21st century competencies in a post-covid-19 pandemic. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), PP. 1486-1497. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340

Sinambela, P., Siregar, R., Tambunan, T. A., Pandiangan, O. M. B., Sianipar, D. A., Herman, and Sigiro, M. (2022). Implementasi gerakan belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), p. 178-187, Apr. 2022. ISSN 2615-8019. DOI: https://doi.org/10.32832/jurma.v6i1.1202

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Manik, I. R. ., Herman, H., Tannuary, A. ., Simamora, R. ., Marbun, Y. M. R., Sinurat, B. ., & Simatupang, S. . (2023). PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEBAGAI PERWUJUDAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR DI SMK NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1376–1381. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13218